Bersatu Hati Untuk Membersihkan Lingkungan Sekolah

Sabtu, 12 Agustus 2017 Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi unit SMK melaksanakan kegiatan bulanan, Tzu Shao, yaitu kegiatan kerelawanan untuk siswa remaja Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Di kegiatan kali ini, siswa ditugaskan untuk membawa alat kebersihan masing-masing. Dengan mengangkat tema “Pengenalan Kegiatan Tzu Shao” peserta diharapkan lebih memahami tentang kegiatan ini.

Kegiatan Tzu Shao hari ini dimulai di Aula lantai 2, Gedung B dengan pengenalan Tzu Shao yang merupakan tema utama hari ini, dan dilanjutkan dengan pembagian tugas perkelompok untuk kegiatan membersihkan beberapa bagian sekolah. Setelah selesai pembagian tugas, peserta langsung diarahkan perkelompok untuk segara mengerjakan tugas yang sudah dibagikan.

Wilson Wijaya, salah satu peserta Tzu Shao dari kelompok 12 yang membersihkan selokan, tanpa rasa jijik ia menggali dengan penuh semangat bersama peserta Tzu Shao lainnya. Lao shi Junaidi yang merupakan mentor kelompok 12, juga ikut serta membersihkan selokan. Tidak hanya Lao shi Junaidi yang terlihat ikut membantu peserta Tzu Shao, Pak Solihin sebagai mentor kelompok 11, juga menginstruksikan peserta kelompoknya untuk membersihkan gorong-gorong di belakang kelas, ada juga yang diinstruksikan mencabut rumput-rumput.

Sebagian dari peserta Tzu Shao kelas 11 mengaku tidak mendapat kelompok karena namanya tidak tertera di kertas pembagian kelompok, namun mereka dengan inisiatif sendiri ikut serta membantu tanpa adanya instruksi. Semuanya saling bergotong royong, tidak ada yang tidak bekerja, bahkan mereka terkadang terlihat memperebutkan alat kebersihan seperti sapu lidi untuk membantu menyapu daun-daun kering yang berserakan.

Setelah selesai dari kegiatan tersebut, peserta disuguhkan es buah segar yang disajikan oleh guru-guru TK. Selesai meminum es buah, Tzu Shao Men pulang ke rumah dengan membawa pengalaman baru yang pastinya berharga untuk kehidupan sehari-hari.

(Sherly (IG: shierlygia), Meilan (IG: meilan21), Ibu Fika).

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730