Kegiatan Ai De Xi Wang

Pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus  2017 tepatnya pukul 07.30 WIB telah diadakan acara yang luar biasa yaitu pembukaan Ai De Xi Wang Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Terlihat anak – anak berseragam biru muda dengan celana biru tua bersih berjalan rapi memasuki ruang aula Gedung C  di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Tampak kursi – kursi kecil berwarna putih tertata rapi menghadap ke arah panggung ditepi ruangan. Satu persatu anak – anak bergantian masuk dengan rapi, serta sambutan hangat dari para ibu/Bapak yang mengenakan pakaian yang sama, dengan warna baju mereka berwarna lebih tua dan biasa dipanggil Shiqu (panggilan untuk   relawan perempuan) dan Shibo (panggilan  untuk relawan laki-laki). Kegiatan tersebut  dibuka secara resmi oleh  Kepala Sekolah “Bapak Timothy Athanasios Nalauw, S.Th, M.Mim, DD, serta diikuti oleh siswa-siswi mulai dari kelas 2-6, juga tidak luput dihadiri juga oleh orang tua wali murid untuk mendengarkan dan menyimak rencana program Ai De Xi Wang untuk satu tahun kedepan dengan harapan para orang tua dapat mendukung penuh kegiatan tersebut. Kegiatan Ai De Xi Wang ini untuk satu tahun kedepan di pandu oleh Sj Rita Haryati dan Shi bo Suwignyo.

Kegiatan rutin sebulan sekali ini biasa kita sebut dengan kelas budi pekerti atau bisa disebut juga kelas “Ai De Xi Wang” yang artinya “Harapan Cinta Kasih”. Sesuai dengan nama kelasnya, anak – anak dikelas ini diajak untuk menghayati dan memahami bagaimana peran cinta kasih dalam masyarakat dan dirinya. Dengan harapan agar kelak anak – anak menjadi lebih bisa menghargai sesama dan lingkungan sekitarnya.

Kelas budi pekerti ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Shiqu Bao Bing, Shiqu Shu Hui Shiqu Chi Ing dan Shiqu Erni di sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Selain menekankan pada budi pekerti, etika, dan tata krama anak, kelas ini juga membimbing anak – anak agar peduli pada sesama dan lingkungan, contohnya menabung di celengan bambu yang dikemudian hari digunakan untuk membantu sesama yang sedang kesulitan. Bahkan anak – anak juga diajak untuk mengikuti kegiatan sosial lainnya, misalnya kegiatan daur ulang, kegiatan bersih – bersih lingkungan sekitarnya, dan sekarang mulai diajak untuk mengikuti kegiatan kunjungan kasih, meski hanya sebatas mengunjungi teman – teman sebaya yang sedang sakit atau kesusahan. Disini peran Shiqu dan Shibo pendamping anak – anak begitu jelas terlihat. Peran penting dalam menyampaikan makna yang terkandung dalam kegiatan yang dijalani harus bisa terserap didalam hati masing – masing anak kelas budi pekerti. Inilah bentuk kolaborasi antara dewan guru dengan para Relawan terjalin lebih akrab, dan yang terpenting sama-sama  untuk belajar yang terhimpun dalam wadah kegiatan “ Ai De Xi Wang “.

 

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730