Kegiatan Bulan Sains SMP Cinta Kasih Tzu Chi 2017-2018

Setiap tahun, SMP Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan acara “Bulan Sains”. Tujuan SMP Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan acara “Bulan Sains” adalah untuk mengembangkan kreatifitas para murid. Pada awalnya, seluruh murid SMP yang sudah dibentuk dalam tim diharuskan untuk membuat sebuah karya yang berhubungan dengan sains.

Ada 3 tema pada acara “Bulan Sains” kali ini, yaitu sosial, teknologi tepat guna, dan desain grafis. Tema yang dibuat harus mempunyai manfaat. Tidak sedikit juga murid-murid yang sudah mempersiapkan tema apa yang akan dibuatnya untuk acara “Bulan Sains” dari jauh hari.

Seluruh murid SMP Cinta Kasih Tzu Chi begitu bersemangat dengan diadakannya acara tersebut. Setiap satu kelas diwakili oleh 3 kelompok. Oleh karena itu, hanya ada 3 karya yang ditampilkan dari setiap kelas. Pada tanggal 26-27 September 2017, seluruh murid SMP kelas 7, 8, dan 9 menampilkan karya yang dibuatnya di depan kelasnya masing-masing. Beragam kreatifitas ditampilkan oleh seluruh murid SMP Cinta Kasih Tzu Chi.

Gambar 1 : Wujud antusiasme para siswa SMP terhadap salah satu siswa yang sedang memberikan penjelasan tentang karya sainsnya.

Pada saat murid-murid menampilkan karyanya, ada beberapa guru yang berkeliling untuk melihat dan menilai karya yang dibuat dari masing-masing kelompok dalam satu kelas. Selain itu, murid-murid yang lain juga diperbolehkan berkeliling untuk melihat dan mencatat berbagai karya dari setiap kelas.

Gambar 2 : Salah seorang guru dan para siswa SMP yang sedang berkeliling dan melihat karya sains salah satu tim

Dari setiap kelas, dipilih satu kelompok dengan karya terbaik menurut penilaian juri. Maka satu kelompok tersebut akan mewakili kelasnya untuk mempresentasikan hasil karyanya pada acara puncak “Bulan Sains”.

Jumat, 29 September 2017 merupakan final dari acara “Bulan Sains” yang berlokasi di aula gedung C. Sambutan dari kepala sekolah SMP Cinta Kasih Tzu Chi, penampilan isyarat tangan, dan juga penampilan modern dance merupakan serangkaian kegiatan sebelum dimulainya inti acara “Bulan Sains” yaitu presentasi dari tiap kelas.

Gambar 3 : Modern dance sebagai salah satu penampilan pembuka dari Bulan Sains SMP Cinta Kasih Tzu Chi 2017-2018

Terdapat 3 juri yang menilai hasil presentasi dari tiap kelompok. Total keseluruhan ada 12 kelompok dari kelas 7 sampai kelas 9. Setiap kelompok diberikan waktu untuk presentasi sebanyak 15-20 menit.

Gambar 4 : Salah satu perwakilan tim dari kelas 9 yang sedang mempresentasikan karya sains dari timnya

Acara inti “Bulan Sains” ditutup sekitar pukul 11.00. Sebelum penutupan acara, beberapa siswa menampilkan modern dance dan kemudian dilanjutkan dengan pencak silat. Selanjutnya adalah moment yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman pemenang acara “Bulan Sains”. Suasana cukup menegangkan pada saat juri mengumumkan pemenang dari acara ini.

Gambar 5 : Pencak Silat sebagai salah satu penampilan penutup acara Bulan Sains SMP Cinta Kasih Tzu Chi 2017-2018

Terdapat 3 juara yang terpilih, yaitu juara 1 sampai dengan 3. Acara “Bulan Sains” kali ini dimenangkan oleh murid SMP kelas 9 seluruhnya. Juara 1 diraih oleh perwakilan kelas 9B yang berjudul “Ekskavator Hidrolik”, kemudian diikuti oleh perwakilan dari kelas 9A yang berjudul “Alat Pendeteksi Gempa Bumi” dan dari kelas 9D yang berjudul “Dampak Negatif Penggunaan Telepon Genggam Seluler”. Setelah acara selesai, seluruh murid SMP melaksanakan kegiatan ibadah bersama sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.

Gambar 6 : Seluruh pemenang acara Bulan Sains SMP Cinta Kasih Tzu Chi 2017-2018

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730