Kembali Berfungsinya TK Kartika X-16

Simbolisasi pemotongan pita peresmian TK Kartika X-16 oleh Kepala Staf Kodam Jaya, Brigjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M dan relawan Tzu Chi Indonesia, Pui Sudarto didampingi Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Freddy Ong serta staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di pintu masuk TK Kartika X-16, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Sepuluh bulan telah berlalu, kini TK Kartika X-16, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan memiliki wajah baru dan siap difungsikan kembali sebagai tempat kegiatan belajar mengajar anak-anak di usia dini. Sebelumnya taman kanak-kanak milik TNI ini tidak dapat digunakan karena bangunannya rusak akibat sering terendam banjir. Hal ini pun disebabkan karena tanah serta bangunannya lebih rendah dari jalan raya. Setiap hujan, hampir seluruh wilayah sekolah ini terendam air dan diperparah dengan drainase di sekitar TK Kartika X-16 yang kurang baik.

Berkat kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan TNI, tepatnya pada 31 Januari 2018 sekolah ini mulai direnovasi. Para relawan Tzu Chi Jakarta juga turut serta dalam proses awal pemugaran bangunan sekolah TK kartika X-16 tersebut. Setelah melalui proses panjang dari perobohan bangunan, pengurukan tanah, serta pembangunan ulang gedung, TK Kartika X-16 ini pun diresmikan penggunaannya pada 16 Oktober 2018 dengan acara simbolis pengguntingan pita di halaman sekolah oleh Komandan Korem (Danrem) 051/Wijayakarta dan perwakilan dari Tzu Chi Indonesia.

Sambutan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang diwakili oleh relawan komite Tzu Chi, Pui Sudarto.

“Menurut data, TK ini sudah ada sejak tahun 1962, tetapi mulai 2016 tidak efektif dan tidak bisa digunakan karena genangan air yang terus terjadi saat musim hujan. Sekolah ini juga posisinya lebih rendah 1 meter dari jalan raya, dari dasar itulah maka sekolah ini direnovasi untuk difungsikan kembali,” ungkap Komandan Korem (Danrem) 051/Wijayakarta, Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.Ip.

Bangunan baru TK Kartika X-16 ini merupakan sekolah ke-38 yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Gedung baru sekolah ini memiliki 9 ruang kelas, 1 ruang guru, 3 ruang integritas, ruang bermain outdoor dan indoor, serta kamar mandi. Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.Ip. mengungkapkan bahwa TK Kartika X-16 sudah siap difungsikan. “Saat ini tinggal proses pengisian sarana dan tenaga pengajar.  Jika sudah lengkap, dalam waktu dekat dapat dioperasikan untuk membantu masyarakat dalam rangka menyiapkan generasi bangsa khususnya anak-anak,” ungkapnya di sela-sela acara peresmian.

Komandan Korem (Danrem) 051/Wijayakarta, Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.Ip menjelaskan bagian-bagian dari gedung baru TK Kartika X-16 kepada rombongan yang meninjau.

Tidak hanya membangun ulang TK Kartika X-16 saja, TNI juga akan menggandeng Tzu Chi Indonesia dalam menyiapkan tenaga pengajar TK Kartika X-16 yang berkualitas. Karena tenaga pengajar sangat mendukung perkembangan anak-anak. “Ke depan tentunya kita akan bekerja sama dengan Tzu Chi, di mana yayasan ini kan juga memiliki sekolah. Kita juga bisa belajar menjalankan kembali sekolah dan dapat melakukan studi banding dengan para staf pengajar di Tzu Chi Indonesia,” jelas Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun.

Hal tersebut juga diamini oleh Direktur Sekolah Cinta kasih Tzu Chi, Freddy Ong yang turut serta hadir dalam acara peresmian TK Kartika X-16. Ia pun merasa optimis dengan ikut serta membantu membekali tenaga pengajar di TK tersebut. “Luar biasa sekali, karena kita sudah lihat bangunan sebelumnya dan sesudahnya beda sekali. Sekarang tinggal bagaimana sekolah ini berjalan saja.   Kemudian yang kedua adalah urusan SDM, kita juga diminta untuk mengadakan pelatihan bagi guru-guru TK Kartika X-16 nantinya. Jadi setelah ada tenaga pengajar bisa kita undang ke Sekolah Cinta Kasih Cengkareng ataupun kita juga bisa berkunjung kembali ke sini,” ungkap Freddy.

Kondisi bangunan TK Kartika X-16 saat mulai di renovasi pada tanggal 31 Januari 2018. Relawan Tzu Chi Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam proses awal renovasi sekolah tersebut.

Proses pembagunan ulang TK Kartika X-16 ini juga terus dipantau oleh Tzu Chi Indonesia. Setiap bulannya selalu ada laporan tentang perkembangan pembangunan gedung sekolah. Winarso, Kepala Building Management Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang terus mematau perkembangan renovasi TK Kartika X-16 juga sangat bersyukur karena proses perbaikan sudah selesai serta sudah dapat difungsikan kembali. “Kesulitan renovasi hampir tidak ada, karena kita terus berkoordinasi dengan TNI. Dulu bangunan sekolah kita robohkan semua, setelah itu kita bangun dari awal lagi, dan bisa kita lihat seperti sekarang ini,” ungkapnya di sela-sela acara peresmian. Rencananya, TK ini juga akan mulai beroperasi pada tahun ajaran baru mendatang sehingga kegiatan belajar dan mengajar pun sudah mulai direncanakan programnya.

Kondisi gedung TK Kartika X-16 setelah dibangun ulang. TK ini merupakan sekolah ke-38 yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Winarso juga berharap dengan hadir kembalinya TK Kartika X-16 tersebut maka para generasi penerus khususnya para orang tua anak-anak di wilayah Mampang, Jakarta Selatan bisa memaksimalkan kegiatan belajar mengajarnya di sekolah tersebut. “Dengan adanya bangunan ini semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan menjadi sarana belajar anak-anak yang lebih maju bagi masyarakat di sekitar sekolah,” tutup Winarso.

Editor: Metta Wulandari
Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730