Kunjungan Ke Panti Tresna Werdha Budi Mulia 2

Pada hari Minggu (17/03), Tzu Shao Men SMK Cinta Kasih Tzu Chi melaksanakan kegiatan Tzu Shao di luar sekolah yaitu di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Mulia 2 Kemuning. Acara dimulai pukul 08.00 WIB di halaman Panti Jompo, yang dimulai dengan briefing singkat antara Tzu Shao Men dengan guru-guru sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Kemudian siswa dipersilakan masuk ke dalam aula yang terdapat beberapa Tzu Ching yang menjelaskan tentang rangkaian acara yang akan dilakukan bersama dengan Opa Oma di sana.

Setelah Tzu Ching menjelaskan tentang rangkaian acara, Tzu Shao Men mengunjungi kamar dari masing-masing Opa Oma. Di sana terdapat kamar yang diberi nama wisma mangga, wisma jeruk purut, wisma durian, dan lainnya. Di salah satu wisma, yaitu wisma mangga ada seorang Oma bernama Suminah yang sudah tinggal selama 16 tahun. Berdasarkan penjelasan Oma Suminah, banyak kegiatan yang dilakukan oleh para Opa Oma di sana. Mulai dari membuat gelang, membuat karpet, bermain di taman bahkan sampai belajar memainkan gamelan. Suster-suster yang ada disana, bertanggung jawab untuk mengurus Opa Oma, mulai dari mandi, makan, ataupun ketika Opa Oma sakit. Di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Mulia 2, Opa Oma diberi makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam.

Setalah selesai berbincang-bincang dengan Opa Oma selama 1 jam, Para Tzu Shao men membawa Opa Oma ke Aula untuk bermain games. Di aula sudah ada Pak Agus Salim menunggu kedatangan Opa Oma dengan penuh semangat. Ketika semua Opa Oma sudah berkumpul, Pak Agus mengajak Opa Oma dan Tzu Shao Men untuk menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Di sini Senang di sana Senang” setelah selesai menyanyikan lagu itu, dilanjutkan lagi dengan lagu yang berjudul “Kalau Kau Senang Hati”. Opa Oma menyanyikan lagu itu dengan sangat semangat sambil bertepuk tangan dengan riang.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan menarikan tari Poco-Poco yang diajarkan oleh Tzu Ching Michelle. Tari Poco-Poco yang dilakukan pagi hari, dapat membuat Opa Oma yang berada di panti jompo Tresna Werdha Budi mulia 2 menjadi lebih aktif dan sehat. Gerakan tradisional dan sederhananya mampu membuat Opa Oma merasa senang dan lebih bersemangat. Sekitar pukul 09.30, Tzu Ching meminta Opa Oma untuk menampilkan bakat menyanyinya, Opa Oma pun sangat aktif. Ada yang menyanyikan lagu bergadang jangan bergadang, kemesraan ini, dan juga sepanjang jalan kenangan.

Ada juga, permainan memijit Opa Oma. Permainan ini gerimis, hujan, dan petir. Kalau gerimis para Tzu Shao men harus menyentuh pundak Opa Oma dengan satu jari, Jika hujan Tzu Shao men harus menyentuh pundak Opa Oma dengan 5 jari, Jika petir, Tzu Shao Men harus menepuk-nepuk pundak Opa Oma. Setelah memijat Opa Oma, para Tzu Shao Men dan Opa Oma mempraktikan senam hula hula. Selanjutnya Tzu Shao men dan Opa Oma bermain tebak nama buah-buahan.

Ada juga kegiatan mempraktikan isyarat tangan “Satu Keluarga. Opa Oma sangat aktif dalam mengikuti kegiatan isyarat tangan ini. Acara ini ditutup dengan Tzu Shao Men yang mengantar Opa Oma ke kamar masing-masing.
Sharing dari beberapa Tzu Shao Men yang mengikuti acara Tzu Shao pada hari Minggu (17/03)

Menurut salah seorang Tzu Shao Men yang bernama Ellisa Tio dari kelas 10 AKL “Menurut saya acara tzu shao pada Minggu, 17 Maret 2019 ini sangat menarik. Di sini, kita dapat berbagi cerita dengan orang tua yang ada di panti jompo Tresna Werdha Budi mulia 2. Saling berbagi kisah, diberi amanat untuk kita bagaimana cara menjalani hidup dengan baik, mendengarkan keluh kesah dan kisah hidup mereka yang sungguh menarik, mengajak mereka ngobrol, dan berbincang tentang bagaimana masa muda mereka hingga berada di sini, berapa lama mereka di sini. dari sana kita dapat mengambil suatu pelajaran hidup yang berharga. Karena pelajaran hidup tidak hanya diambil dari orang tua kita saat ini, namun juga bisa diambil dari kisah orang-orang sekitar kita.

Sungguh sedih melihat orang tua di sana, yang ditelantarkan anaknya yang tidak mau mengurus mereka, padahal merekalah yang merawat sang anak sejak kecil, hingga dapat tumbuh besar dan sehat seperti saat ini. Namun dengan teganya mereka menelantarkan dan membiarkan mereka tinggal di sana. Saya senang dengan adanya kegiatan tzu shao, mengajak saya ke panti jompo Tresna Werdha Budi mulia ini, membantu mengurus mereka, memberi mereka sedikit hiburan seperti menyanyi, senam, dan isyarat tangan, mengajak mereka meengobrol dan membantu mereka memotong kuku. Dapat memeluk mereka, mendengarkan keluh kesah mereka, membantu mereka mengurangi beban pikiran. belajar dari hari ini, bahwa suatu hari orang tua kita akan tua seperti ini juga, dan kita harus tetap mengurus mereka hingga lanjut usia sampai akhir hayatnya, menjadi seorang anak yang berbakti untuk membalas budi mereka,” ucap Ellisa.

Sedangkan menurut Tzu Shao men lain, yaitu William Wong dari kelas 10 Ap dia menyatakan bahwa, “Menurut saya, walaupun banyak Opa Oma yang sudah lanjut usia, sudah tidak memiliki fisik yang kuat, dan juga memiliki cacat, mereka terlahir sebagai seseorang yang berpendidikan dan juga berjasa,” ucapnya.

Sedangkan menurut Elham Bahar yang merupakan Tzu Shao Men kelas 11 Ap2 yang berasal dari negara Afganistan, dia menyatakan bahwa, “Kunjungan ke panti sosial ini membuat saya merasa sangat sedih dan juga senang. Senangnya, saya bisa merasakan bagaimana suasana di sini dan bermain bersama Opa dan Oma. Sedihnya, kenapa ada orang yang sangat tega meninggalkan orang tuanya di panti sosial ini. Saya juga diberi kata-kata dari Opa Oma, yaitu saya dan teman-teman harus belajar dengan rajin agar menjadi orang sukses,” ucapnya.

Kegiatanpun selesai, ditutup dengan berdoa bersama dan juga sharing singkat dari Tzu Shao Men.

Reporter : Stephanie
Editor : Novika Rahayumi
Foto & Video : Tim Humas dan Dokumentasi OSIS SMK
Tag : sekolah smk favorit di jakarta barat

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730