Kegiatan LDKS SMP Cinta Kasih Tzu Chi 2017-2018

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) merupakan kegiatan rutin pada tahun ajaran baru yang wajib diikuti oleh seluruh siswa/siswi yang baru memasuki jenjang pendidikan baik SMP, SMA maupun SMK.

Gambar 1 : Ketua Panitia dan seluruh anggota OSIS SMP yang bertugas dalam acara LDKS di tahun ajaran 2017-2018

Kegiatan LDKS tahun ajaran 2017/2018 dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2017 dan berlokasikan di Km Zero Resort, Sentul, Bogor. Seluruh peserta dan pantia LDKS menaiki tronton untuk pergi ke lokasi tujuan. Perjalanan menuju Km Zero Resort cukup jauh, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tiba di lokasi tujuan.

Setelah menempuh perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam, akhirnya seluruh peserta dan panitia LDKS sampai di lokasi tujuan dengan selamat. Seluruh peserta LDKS berkumpul terlebih dahulu di lapangan untuk diberikan pengarahan selama kegiatan LDKS berlangsung.

Teriknya matahari menambah keceriaan dan semangat peserta LDKS di hari pertama, seluruh peserta LDKS dibimbing dengan tegas oleh panitia yang bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan LDKS dari awal hingga akhir.

Kegiatan LDKS diawali dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin oleh kepala sekolah SMP Cinta Kasih Tzu Chi. Setelah selesai melaksanakan upacara bendera, seluruh peserta LDKS menaruh barang bawaannya di tenda masing-masing, dalam satu tenda terdiri lebih dari 10 orang.

Gambar 2 : Pelaksanaan upacara pembukaan kegiatan LDKS SMP Cinta Kasih Tzu Chi

Seluruh peserta berkumpul kembali ke lapangan dengan memakai pakaian hitam dan celana training. Mereka pun dibimbing oleh mentornya masing-masing untuk berbaris dan berjalan menuju suatu ruangan untuk mengikuti materi yang disampaikan oleh guru tentang bagaimana keadaan bumi pada saat ini dan dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama pada sekitar pukul 12.00 siang.

Kegiatan selanjutnya adalah permainan. Ada beberapa permainan yang diadakan oleh panitia dan mengutamakan prinsip kerja sama, antara lain memindahkan bola pimpong dengan cara ditiup, memindahkan air, berjalan dengan balon, dan yang paling menarik adalah mencari bola di kolam lumpur.

Gambar 3 : Siswa SMP Cinta Kasih Tzu Chi yang terlihat sedang menikmati permainan meniup bola pingpong

Setelah semua permainan sudah dilewati, seluruh mentor dan peserta LDKS dipersilahkan untuk mandi dan berganti pakaian olahraga. Bagi peserta LDKS yang beragama muslim diperkenankan untuk melakukan shalat maghrib, sedangkan untuk yang beragama non muslim segera berkumpul bersama mentor nya masing-masing di lapangan.

Setelah semua peserta LDKS berbaris di kelompoknya masing-masing, seluruh mentor akan membawa anggotanya berjalan ke suatu ruangan untuk mendapatkan pengarahan yang disampaikan oleh kepala sekolah SMP Cinta Kasih Tzu Chi dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Ada suatu acara yang menarik di malam hari, yaitu sesi api unggun. Di sesi api unggun ini terdapat beberapa penampilan dari OSIS dan seluruh peserta LDKS, terdapat juga motivasi yang disampaikan oleh guru-guru SMP Cinta Kasih Tzu Chi dan dilanjutkan dengan menerbangkan lampion. Menerbangkan lampion merupakan simbol membuang sifat buruk dan berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sekitar pukul 11.00 acara api unggun berakhir, seluruh peserta LDKS dipersilahkan untuk kembali dan beristirahat di tenda masing-masing.

Gambar 4 : Sesi Api Unggun acara LDKS SMP Cinta Kasih Tzu Chi

Hari kedua LDKS, pukul 04.30 seluruh peserta berbaris dan berjalan menuju tempat ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing bersama dengan mentornya. Setelah selesai melakukan ibadah, seluruh peserta LDKS berjalan kembali ke lapangan untuk mendapatkan pengarahan kegiatan. Kemudian mereka berjalan sekitar 1 km menuju post satu ke post lain nya. Pada saat berjalan, seluruh peserts LDKS diwajibkan untuk menyanyikan lagu yang sudah dibagikan per kelompoknya.

Di setiap pos ada panitia atau guru yang bertugas untuk mengawasi setiap kelompok. Selain itu di beberapa post tertentu juga ada tantangan untuk setiap kelompok yang sudah sampai di pos-pos tertentu, jika suatu kelompok sudah berhasil melewati tantangan maka kelompok tersebut diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya.

Jika suatu kelompok sudah berhasil melewati semua post, maka kelompok tersebut harus berjalan kembali menuju lapangan. Semua kelompok yang sudah tiba di lapangan diperbolehkan untuk berjalan menuju tempat makan untuk makan bersama.

Kegiatan selanjutnya adalah seluruh peserta LDKS diberi waktu 30 menit untuk mandi dan membereskan barang-barang bawaan mereka. Kurang dari 30 menit seluruh peserta LDKS beserta mentornya harus sudah berkumpul kembali di lapangan.

Setelah semua kelompok berkumpul di lapangan, kegiatan upacara bendera diberlangsungkan dalam rangka menutup kegiatan LDKS SMP Cinta Kasih Tzu Chi tahun ajaran 2017/2018.

Setelah pelaksanaan upacara bendera selesai, seluruh peserta LDKS dibimbing oleh mentor nya masing-masing berjalan kembali menuju tempat makan untuk makan bersama. Makan bersama adalah kegiatan terakhir di LDKS sebelum pulang.

Setelah selesai melakukan makan bersama, seluruh peserta LDKS beserta mentor berjalan menuju trontonnya masing-masing. Saat tiba di tronton, mereka berdoa terlebih dahulu sebelum perjalananpulangke sekolah.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam, seluruh peserta, mentor, dan juga panitia LDKS tiba di sekolah SMP Cinta Kasih Tzu Chi dengan selamat. Ada beberapa orang tua murid yang menunggu kedatangan anak nya. Seluruh peserta LDKS pun segera kembali ke rumahnya masing-masing.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730