Menabur Berkah Melalui Lingkungan

Minggu, 04 Februari 2018 di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, siswa unit SMK melaksanakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap satu kali dalam satu bulan. Kegiatan tersebut di namakan Tzu Shao (Relawan sekolah), biasa dipanggil Tzu Shao Men. Dalam setiap bulan kegiatan yang dilakukan berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kegiatan kami yaitu pelestarian lingkungan bersama dengan komunitas pelestarian lingkungan He Qi Barat. Salah satu kegiatan pelestarian yang kami lakukan kali ini adalah memilah sampah kertas, botol plastik, dan botol kaleng.

Kegiatan ini dimulai dengan baris perkelompok kemudian kami diarahkan untuk pergi ke depo yang ada di lingkungan Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, lalu diberikan tugas perkelompok yang pertama memisahkan tutup botol plastik dengan botolnya ; kedua memisahkan kertas putih, kertas berwarna, plastik pada suatu surat. Dengan bimbingan penuh dari Shi Gu dan Shi Po, kami dapat mengerjakan yang diberikan dengan baik dan dapat mengetahui cara-cara membedakan sampah saat mendaur ulang Saat kegiatan berlangsung terlihat ekspresi siswa senang dan bersemangat. Setelah kegiatan ini selesai, para Tzu Shao Men disediakan konsumsi.

Kami mewawancarai Tzu Shao Men “Apa pendapatmu tentang kegiatan hari ini?” “Kegiatan hari ini sangat bermanfaat, jawab Dindha (11 AP2)” , selain itu kita juga mewawancarai penanggung jawab kegiatan Tzu Shao di unit SMK dengan pertanyaan “Apa tujuan diadakan kegiatan hari ini bagi para siswa?” “Agar para siswa dapat memilah sampah yang dapat didaur ulang menjadi suatu karya bernilai emas, jawab Bapak Eduardus”

Harapan untuk para Tzu Shao Men dan lingkungan masyarakat, semoga lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Dengan memiliki rasa kesadaran, hal-hal kecil mengenai pelestarian lingkungan dapat berdampak positif bagi bumi kita.

“Ketidak seimbangan kondisi iklim dan ketidak selarasan pikiran manusia, semuanya bersumber dari hati manusia. Demi kenikmatan hidup, manusia melakukan eksploitasi secara berlebihan. Semua pencemaran bersumber dari benda-benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang memiliki andil dalam hal ini”
~Kata Perenungan Master Cheng Yen

Kontributor : Stephanie, Rini, Novika

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730