Menempa Hidup Dengan Kemandirian

Siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMA Cinta Kasih Tzu Chi melakukan kegiatan Perkemahan Jumat – Sabtu untuk menempa kemandirian.

Pada dasarnya , mandiri adalah sikap yang perlu diterapkan manusia dalam kehidupannya. Kemandirian perlu ditempa sejak kita masih berusia dini. Hal itulah yang dilakukan oleh SMA Cinta Kasih Tzu Chi dalam menempa kemandirian untuk para siswa nya. Kegiatan perkemahan jumat – sabtu atau yang biasa lebih dikenal perjusa itu akhirnya diselenggarakan pada Jumat – Sabtu , 19 – 20 Oktober 2018 bertempat di Hutan Kota Rawa Buaya – Jakarta Barat.

Pak Freddy Ong , mengungkapkan rasa senang puas nya terhadap kegiatan perjusa yang telah berhasil terselenggara dengan baik

“Menurut saya , kegiatan perjusa kali ini amat sangat bagus karena dapat melatih kemandirian. Perjusa kali ini juga membuat para siswa menjadi paham bagaimana kegiatan pramuka itu seharusnya berjalan,” ungkap pak Freddy , Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.

Kegiatan perjusa ini juga telah berhasil mengajarkan siswa untuk dapat survive dalam menjalani kehidupan mereka di lingkungan baru yang tentu sangat berbeda dari kehidupan mereka sehari-hari.

“Kegiatan ini sangat fun ya , seluruh siswa juga mengikuti nya dengan semangat , meskipun kita harus di jemur dan panas-panasan. Tetapi hal itu yang justru mengajarkan anak-anak untuk survive terhadap alam,” ujar Ibu Rina selaku Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi.

Ibu Rina Maharani mengaku kegiatan perjusa ini benar-benar melatih kemandirian dan kedisiplinan dari seluruh siswa SMA Cinta Kasih Tzu Chi.

Hal serupa juga diungkapkan oleh seorang siswa yaitu Vani Nataliya dari kelas 10 MIPA. “Awalnya sih saya malas untuk ikut karena saya udah tau pasti panas. Pas disana juga banyak nyamuk dan engga bisa tidur karena keras , tapi semua nya ketutup soalnya perjusa nya seru banget .

Perjusa nya seru sih. Pas pulang , cerita ke mama papa bersyukur banget bisa mandi sehari 2x. Kalau di rumah bisa tidur di kamar dengan kasur yang empuk , dingin dan engga banyak nyamuk kayak disana,” ungkap Andrew Xu , siswa kelas 10 IPS 2.

Perjusa kali ini diharapkan mampu membuat para siswa lebih dapat menerapkan kemandirian , kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Perjusa ini diharapkan juga mampu mengurangi rasa malas siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka di setiap rabu nya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Bapak Lusino selaku Pembina dari kegiatan pramuka SMA Cinta Kasih Tzu Chi. “Saya berharap dengan tantangan-tantangan yang sudah dilalui oleh para siswa selama kegiatan perjusa ini , setelahnya mereka semua dapat menjadi lebih mandiri lagi dan mereka tidak menjadi generasi bangsa yang manja , lemah ataupun cengeng.”

Kegiatan perjusa kali ini telah sukses dilaksanakan dan banyak harapan-harapan yang terselip di dalam nya. Bukan hanya membuat mereka menjadi lebih disiplin di dalam lingkungan sekolah , tetapi pada saat nanti di luar sekolah dan hidup bermasyarakat.

 

Fotographer : Rhenald Louwous (11 MIPA)

Editor dan Penulis : Cindy Jonathan (11 IPS 2)

Tim Jurnalistik : SMA Cinta Kasih Tzu Chi

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730