Mengeksplorasi Bakat Melalui Bahasa Mandarin

Rabu, 28 Februari 2018 di Aula Gedung C, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng. Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan sebuah perayaan yang dilakukan setiap tahunnya yaitu Perayaan Mandarin Day 2018 dengan tema 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Semangat). Acara ini diikuti oleh unit SMA dan SMK. Perayaan Mandarin Day ini menerapkan budaya dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi yang adalah Budaya Humanis. Budaya Humanis merupakan hal yang sangat khusus di Sekolah ini. Dimana Budaya Humanis adalah suatu budaya interaksi sesama manusia sebagai teladan yang diwariskan secara turun – temurun dengan adanya keselarasan dapat membuat suatu keindahan. Ini sangat baik sekali untuk kehidupan kita.

Dalam Perayaan ini terdapat berbagai kegiatan yang dilombakan yaitu Isyarat Tangan, menyanyi, poster, video Iklan Layanan Masyarakat, dan Menghias Mading (hanya untuk kelas), tetapi ada suatu perbedaan antara unit SMA dan SMK yaitu dari unit SMA ada pidato (Dalam Bahasa Mandarin) sedangkan dari unit SMK ada Story Telling (Dalam Bahasa Mandarin). Perayaan Mandarin Day ini merupakan puncak final karena sebelumnya sudah dilakukan babak penyisihan. Acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar karena persiapan yang sangat matang oleh PIC yaitu Lao Shi Junaedi, Lao Shi Adi, dan Lao Shi Mulyawan.

Acara tersebut dibawakan oleh dua presenter yaitu David Ryan dari unit SMK dan Elizabeth Gomarga dari unit SMA. Pembukaan acara tersebut dimulai melalui kata sambutan oleh Bapak Freddy selaku Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Semua peserta yang telah lolos dari babak penyisihan kemudian akan tampil di hadapan para juri yang sangat berpengalaman dalam menilai setiap kegiatan tersebut. Acara tersebut diselingi dengan dance dari unit SMA dan SMK, drama yang ditampilkan oleh kelas 3,4,dan 5 SD. Selain itu juga ada penampilan Band dari unit SMA dan SMA. Dari hasil babak final ini terdapat pemenang lalu diberikan hadiah serta sertifikat.

Dengan adanya Perayaan Mandarin Day ini semua murid dapat mengeluarkan semua bakat yang mereka miliki baik dalam menyanyi, membuat poster, story telling, pidato dan lain-lain. Dalam Perayaan ini juga memberikan suatu motivasi kepada murid dan guru pentingnya budaya 5S dalam hidup. Kami mewawancarai murid “Bagaimana perasaanmu menyaksikan acara Mandarin Day ini?” “acaranya seru karena tahun ini ada babak penyisihan, dan juga kesempatan kali ini adik kelas bisa menyaingi kakak kelasnya sendiri,” jawab Rivaldo (12 IPS1). Tujuan dari acara ini adalah “Murid bisa lebih kreatif dan inovatif serta benar – benar melaksanakan Budaya Humanis,” jawab Lao Shi Junaedi (PIC utama). Harapan untuk Perayaan Mandarin Day berikutnya menurut Ibu Betty (Kepala Sekolah SMK Cinta Kasih Tzu Chi) adalah anak bisa lebih tertib, lebih baik dan lebih maksimal dalam menampilkan bakat mereka.

Berikut adalah video acara puncak kegiatan Mandarin Day

Kontributor : Cindy Buntoro, Dinda Purbakari, Rini, Ivan, Angel, Stephanie

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730