Olimpiade Sains Nasional

Pada tanggal 28 Februari 2018, hari Rabu saat sekolah Cinta Kasih Tzu Chi sedang melaksanakan kegiatan Mandarin Day.  Beberapa dari siswa-siswi SMA CKTC memulai cerita tentang Olimpiade Sains Nasional tahunan yang memang rutin diadakan oleh pemerintah.  Beberapa perwakilan sekolah dikirim untuk bersaing di tingkat kabupaten dalam berbagai bidang studi yang dilombakan. Siswa SMA Cinta Kasih Tzu Chi berusaha sebaik kemampuannya dan sambil berdoa menunggu hasil seleksi sebelumnya.

Sejak 7 Maret 2018, mulailah penilaian siswa peserta OSN yang ketat. Peserta yang lulus sejumlah 102 peserta se-provinsi DKI Jakarta di setiap bidang pelajarannya. Pelatihan diberikan selama 3 hari untuk babak penyisihan ( pra- OSP ). Perwakilan SMA Cinta Kasih Tzu Chi Indira Hemaputri dari bidang Ekonomi lulus babak penyisihan (sekarang termasuk dalam 40 besar Provinsi DKI Jakarta) dan sedang mengikuti masa pelatihan selama 10 hari.

 

 

TESTIMONI SISWA

Disini saya akan berbagi pengalaman saya selama saya mengikuti OSN.  Saya Indira Hemaputri, siswi kelas XI IPS 1 , yang sedang mengikuti Olimpiade Sains Nasional bidang studi Ekonomi. Berawal dari ketertarikan terhadap Ekonomi, saya mengikuti Dream Team Ekonomi ( sejenis club  persiapan untuk lomba pada bidang studi tertentu). Sebagai anggota dari Dream Team tersebut saya pun didaftarkan untuk mengikuti OSN ini.

Awalnya tentu ada rasa takut dan khawatir dari dalam diri saya.  “Akan banyak orang yang jauh lebih kompeten.”, “Bagaimana jika saya tidak bisa mengerjakan soalnya sama sekali?!” , “ Bagaimana jika saya gagal dengan nilai yang sangat memalukan?” pikiran seperti tersebut terus muncul dalam pikiran saya.  Karena membawa nama sekolah maka saya harus melakukan yang terbaik’ akhirnya saya pun lolos 2x tahap penyisihan.

Tahap pelatihan pun dimulai dan untuk bidang Ekonomi diselenggarakan di SMAN 28 yang terletak di Jakarta Pusat. Sesaat memasuki ruang pelatihan, suasana sangat mencekam dan terasa aura kompetitif dimana mana. Keadaan juga canggung dikarenakan sebagian besar dari kami belum saling mengenal satu sama lain. Begitulah yang saya rasakan. Dari pelatihan ini saya sungguh mendapat banyak manfaat besar. Dari sini saya mempelajari banyak hal hal baru dan saya menyadari sangat banyak sekali materi yang belum saya bahas. Saya pun bersyukur dapat mengikuti pelatihan ini yang bukan hanya menambah ilmu namun juga menambah pengalaman. Dapat belajar dari beberapa sumber seperti guru guru sekolah lain, mentor pada bidang khusus tertentu, alumni medalis OSN sebelumnya , bahkan sampai mendatangkan dosen dari universitas ternama di Indonesia. Bukan hanya itu saja, saya mendapat banyak sekali teman baru yang tentunya dari berbagai macam sekolah yang berbeda.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730