Sejarah

SEJARAH SD CINTA KASIH TZU CHI

    Banjir besar di Jakarta pada tahun 2000 adalah bagian sejarah dari berdirinya SD Cinta Kasih Tzu Chi, Cengakareng. Pada tahun 2003 pemukiman yang berada di bantaran Kali Angke direlokasikan ke Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I karena terkena normalisasi bantaran Kali Angke . Normalisasi dilakukan karena sepanjang tahun daerah tersebut terkena banjir. Relokasi tersebut dilakukan oleh Pemda DKI dan bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Lokasi SD Cinta Kasih Tzu Chi terletak di tanah seluas 5000  meter pesrsegi satu kompleks dengan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I yaitu di Jalan Kamal Raya Outer Ring Road No. 20. Sekolah Dasar Cinta Kasih Tzu Chi pun berdiri atas prakarsa Ketua Yayasan Buddha Tzu Indonesia yaitu Ibu Liu Su Mei yang sangat memperhatikan pendidikan anak-anak. Beliau sangat khawatir apabila mereka direlokasi ke Perumahan Cinta Kasih I yang berada di wilayah Jakarta Barat bagaimana anak-anak usia SD akan bersekolah ke wilyah Jakarta Utara tempat mereka berasal. Pada akhirnya beliau meminta agar di lingkungan perumahan dibangun sebuah sekolah yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak yang tinggal di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I. Pada Tahun Pelajaran 2003/2004 SD Cinta Kasih Tzu Chi mulai operasional dan peresmiannya dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarno Putri, Presiden Indonesia pada masa itu.

    Jumlah siswa pada saat itu adalah 360 orang dan guru 25 orang. Dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah, Bapak Drs. Thomas Tukidjo (alm). Dan di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Wiyata dengan ketuanya adalah Bapak Franky. O. Wijaya. SD Cinta Ksih Tzu Chi adalah sekolah yang mengedepankan pelajaran Budi Pekerti. Walaupun SD Cinta Ksih Tzu Chi adalah sekolah baru tapi sudah diperkenankan membuka kelas 1 sampai dengan kelas 6 karena kasusnya adalah bedol kampung. Hal ini terlaksana atas izin Gubernur DKI pada masa itu yaitu Bapak Sutiyoso yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat. Siswa yang bersekolah di SD Cinta Kasih Tzu pada saat itu hanya membayar uang sekolah sebagai tanggungjawab orang tua sebesar RP10.000,00/bulan. Semua keperluan siswa mulai dari seragam dan buku-buku pelajaran semua diadakan oleh yayasan. Karena input sekolah kami baik dari segi ekonomi, sosial, pendidikan orang tua , gizi dan IQ siswa semua di bawah rata-rata. Sekolah kami pun  memang besrsifat nirlaba. Selama kurang lebih 2 (dua) tahun SD Cinta Kasih Tzu Chi tidak menerima siswa selain warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I.  Hal ini dilakukan karena Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia baru pertama kali mengelola sekolah. Harapannya agar sekolah dapat mendidik siswa dengan baik. Pada Tahun Pelajaran 2005/2006 SD Cinta Kasih Tzu Chi menerima siswa dari lingkungan luar Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I dengan harapan siswa yang dari dalam Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi I dapat bersaing dan terrmotivasi dalam belajar dan meraih prestasi akademik.

    Karena  siswa kami memang lebih dominan  meraih prestasinya melalui kekuatan fisik. Oleh karena itu sekolah kami di Wilayah Jakarta Barat bahkan tingkat nasional cukup terkenal dengan futsal dan atletiknya. Setelah meluluskan dua kali, SD Cinta Kasih Tzu Chi pun diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2005 dan mendapatkan nialai A. Akreditasi berikutnya pun mendapatkan nilai A. Perjalanan tahun ke-10 SD Cinta Kasih Tzu Chi  banyak sudah prestasi yang diraih baik dalam bidang akademik mau pun nonakademik. Dan perkembangan dalam hal lain pun terus bertambah. Jumlah siswa setelah 10 tahun  adalah 800 orang dan guru 41orang. Sarana dan prasarana pun terus dilengkapi. Berikut adalah Kepala Sekolah yang pernah memimpin di SD Cinta Kasih Tzu Chi:
1. Bapak Drs. Thomas Tukidjo (alm). Tahun Pelajaran 2003/2004.
2. Bapak Prof. Teddy Prawitra. Tahun Pelajaran 2004/2005
3. Bapak Dr. Jafriansen Damanik, M.Pd. Tahun Pelajaran 2005/2006
4. Ibu Dra. Zainah Mawardi. Tahun Pelajaran 2006/2007 s.d. 2009/2010 dan 2011/2012
5. Bapak Pahru, M.Pd. Tahun Pelajaran 2010/2011
6. Bapak Freddy Ong, S. Kom, M.M. Tahun Pelajaran 2012/2013 s.d 2016/2017
7. Bapak Timothy. A.N, S.Th, DD, M.Min. Melanjutkan tahun Pelajaran 2016/2017 karena Bapak Freddy diangkat jadi Direktur Sekolah.

    Pada tahun 2017 SD Cinta Kasih memasuki tahun ke-14. Harapan kami sekolah ini terus berkembang dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karean itu kami butuh dukungan dari semua pihak seperti Pengurus Yayasan, Dinas Dikdas setempat, guru, dan orang tua siswa dalam mencapai keberhasilan.

 

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730