Sejarah

Sejarah

    SMA Cinta Kasih Tzu Chi berdiri sejak 8 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Juli tahun pelajaran 2009/2010. Saat itu Yayasan Buddha Tzu Chi Wiyata Indonesia yang telah memiliki TK, SD, SMP, dan SMK mulai berpikir untuk mendirikan SMA, seiring dengan perkembangan dan perubahan pola pikir warga rusun yang semakin maju. Dengan harapan siswa-siswi lulusan dari SMA kelak akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. SMA Cinta Kasih Tzu Chi merupakan unit termuda yang diawali dari dua kelas terdiri dari 50 orang siswa, sekarang telah berkembang menjadi 9 kelas dengan jumlah siswa 267. Dalam melaksanakan kegiatannya, SMA Cinta Kasih Tzu Chi berpegang pada visi : “Mewujudkan peserta didik berprestasi dan berbudi pekerti luhur”. Visi ini dilandasi idealisme keinginan agar siswa dapat unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, dalam disiplin, budi pekerti, berbudaya bersih, memiliki tata karma, memiliki kepedulian sosial, dan mengaplikasikan nilai-nilai humanisme dalam kehidupan mereka.

Trophy Tzu Chi

    SMA Cinta Kasih Tzu Chi merupakan sekolah yang berbasis Budaya Humanis. Kami mengajarkan kepada anak-anak didik untuk dapat berbakti kepada orang tua, berbudi pekerti yang baik, mencintai lingkungan, dan dapat menempatkan diri dengan baik dimanapun mereka berada. Prestasi awal SMA  Cinta Kasih Tzu Chi, telah meraih juara 1 kompetisi Detektif Lingkungan di tingkat Jabodetabek, yang selanjutnya diikuti dengan pencapaian prestasi-prestasi lainnya di bidang akademik maupun olah raga, seperti : Memenangkan kompetisi tingkat nasional Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cabang kriya, Juara I FLS2N cabang Solo Vokal, tingkat Kabupaten, Juara 3 kompetisi Dammapada tingkat Jabodetabek, Juara 1 O2SN cabang Lompat Jauh tingkat Nasional, sehingga kemudian maju mewakili Indonesia ke tingkat internasional di Vietnam. Juara 1 lomba debat Fisika yang diselenggarakan oleh Surya University, dll.

Lingkungan Tzu Chi

    SMA Cinta Kasih Tzu Chi juga telah berhasil mengantarkan lulusan-lulusannya menjadi mahasiswa-mahasiswi di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Indonesia, serta di Perguruan Tinggi Luar Negeri. Sekolah yang terdiri dari empat lantai  dengan posisi SMA di lantai 3 dan empat, di lengkapi sarana pembelajaran Lab  IPA  (Kimia, Fisika, Biologi), Lab. Bahasa, Lab Komputer, Ruang Seni, Ruang Budaya Humanis, Ruang Saji Teh, Perpustakaan, Lapangan Olah raga Indoor dan OutDoor, Mushalla, Kantin, 9 ruang kelas dan sarana penunjang lainnya. Demikian sejarah singkat berdirinya SMA Cinta Kasih Tzu Chi serta prestasi yang di capai sampai angkatan 8. Semoga SMA Cinta Kasih Tzu Chi terus berprestasi dan menjadi kebanggan bagi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia,  masyarakat DKI Jakarta dan bangsa Indonesia.

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730