Sejarah

SEJARAH SMK CINTA KASIH TZU CHI

    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang yang dapat dilanjutkan setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi yang sudah diresmikan pada tanggal 25 Agustus 2003 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri, pada saat itu hanya mencakup Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kami ingin memenuhi kebutuhan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cinta Kasih Tzu Chi, yang masih bingung setelah lulus harus melanjutkan ke sekolah mana, apalagi latar belakang warga rusun yang pada saat itu pendidikan dan perekonomiannya di bawah rata-rata. Selain itu, perekonomian Negara saat itu juga amat sulit sehingga Yayasan Buddha Tzu Chi sangat tergerak untuk menambah jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkompetensi langsung dalam dunia kerja.

    Dengan adanya jenjang SMK diharapkan lulusannya dapat menggerakkan kembali perekonomian keluarga yang sempat terhenti. Karena alasan tersebut pula jenjang SMA pada saat itu tidak didirikan, sebab lulusan SMA akan dituntut untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yang harus menghabiskan biaya yang besar. Meski demikian bukan berarti lulusan SMK tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun 2006 jenjang sekolah dikembangkan dengan berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cinta Kasih Tzu Chi dengan kompetensi keahlian Akuntansi (AK) dan Administrasi Perkantoran (AP).

    Didukung oleh tenaga pengajar yang profesional, SMK Cinta Kasih Tzu Chi mengutamakan pendidikan budi pekerti di samping pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam menyiapkan peserta didik menjadi manusia berakhlak mulia, berkarakter, produktif, mandiri, serta mampu berkompetisi di dunia kerja.

    Sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat untuk perjalanan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cinta Kasih Tzu Chi di dunia pendidikan, sudah banyak prestasi yang diraih baik akademik maupun non akademik. Dari sisi akademik diantaranya SMK Cinta Kasih Tzu Chi mampu menghasilkan kelulusan dengan nilai UN/US yang memuaskan sehingga banyak siswa-siswi yang diterima bekerja di perusahaan-perusahaan ternama, beberapa siswa juga mendapat beasiswa 100% baik dari perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri (Taiwan). Hal itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk diperoleh, maka kami selalu menekankan untuk mempertahankan apa yang sudah digengam.

'
Phone: 021-54397565
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730