Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Cinta Kasih Tzu Chi

Pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 para peserta didik baru diharapkan datang untuk mengikuti pra-MPLS. Para calon siswa baru datang pukul 08.00 WIB dengan menggunakan pakaian seragam SMP lengkap mereka masing-masing tidak lupa untuk yang putri diwajibkan untuk dikepang dua, kegiatan ini diadakan di aula lt.2 gedung B. Setelah itu para anggota OSIS langsung memberi arahan tentang MPLS yang akan dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 17-19 Juli 2017, kegiatan pada saat pra-MPLS meliputi pembagian kelompok, pembagian mentor kelompok dan barang-barang yang akan mereka bawa untuk kegiatan MPLS 3 hari kedepan.

 

Hari pertama MPLS dimulai yaitu pada hari Senin, 17 Juli 2017 para calon peserta didik baru diharapkan datang ke sekolah pada pukul 06.00 WIB. Mereka langsung berbaris rapih mengikuti arahan para anggota OSIS. Karena bertepatan pada hari senin para calon peserta didik baru mengikuti upacara bendera dengan khidmat bersama para siswa-siswi Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Setelah upacara selesai para calon peserta didik baru diarahkan ke ruang kelas mereka masing-masing untuk mengikuti test mandarin, setelah itu para calon peserta didik baru langsung menuju ke tempat MPLS berlangsung yaitu aula lt.2 gedung B, acara dibuka dengan membacakan kesepakatan MPLS yang dibacakan langsung oleh ketua OSIS SMK Cinta Kasih Tzu Chi yaitu Linda Tanti. Lalu dilanjutkan dengan sesi sejarah sekolah yang disampaikan oleh Bu Zainah, setelah itu para calon peserta didik baru diberi waktu untuk istirahat dan di instruksi kan untuk meminta tanda tangan para anggota OSIS dan guru-guru SMK selama 30 menit, setelah istirahat selesai dilanjutkan dengan sesi kurikulum sekolah yang disampaikan langsung oleh Pak Edi dan setelah selesai dilanjutkan dengan sesi bullying yang disampaikan langsung oleh Pak Edu. Pada hari pertama MPLS para calon peserta didik baru di persilahkan pulang pada jam 13.00 WIB.

 

Hari ke-dua MPLS berlangsung yaitu pada hari Selasa, 18 Juli 2017 setelah para calon peserta didik berkumpul mereka langsung diarahkan menuju kantin untuk sarapan pagi bersama, setelah selesai mereka langsung diarakan menuju tempat MPLS hari kedua berlangsung yaitu aula lt.3 gedung A. Dan dibuka dengan sesi pelestarian lingkungan yang disampaikan langsung oleh Pak Solihin, lalu dilanjutkan dengan sesi budaya humanis yang disampaikan langsung oleh Shi Gu Meni itu setelah itu mereka diberikan waktu istirahat 30 menit sekaligus meminta tanda tangan para anggota OSIS. Setelah istirahat selesai para calon peserta didik baru diarahkan mengunjungi depo daur ulang bersama para mentor mereka menjelaskan proses daur ulang yang dilakukan oleh para relawan Tzu Chi setelah selesai mereka kembali ke tempat MPLS berlangsung dan dilanjutkan dengan sesi cyber safe yang disampaikan langsung oleh Bu Darningsih setelah selesai dilanjutkan dengan penutupan MPLS hari kedua yang di akhiri pada jam 13.00 WIB.

 

Hari ke-tiga menjadi hari terakhir para calon peserta didik baru mengkuti MPLS yaitu pada hari Rabu, 19 Juli 2017. Seperti hari sebelumnya setelah berkumpul para calon peserta didik langsung diarahkan ke kantin untuk sarapan pagi bersama, setelah selesai mereka langsung diarahkan menuju tempat MPLS hari ke-tiga yang berada di aula lt.2 gedung B. setelah sampai para calon peserta didik baru melakukan silent sitting dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu dibuka dengan sesi sharing alumni yang disampaikan oleh alumni Sekolah Cinta Kasih Tzy Chi kak Yandrie & kak M.Prambudi, setelah selesai para calon peserta didik baru melakukan tour keliling sekolah yang diarahkan oleh para mentor masing-masing kelompok. Setelah itu mereka diberi waktu istirahat 30 menit dan dilanjutkan dengan sesi tata tertib sekolah yang disampaikan langsung oleh Pak Rizky, setelah selesai para calon peserta didik menampilkan bakat mereka untuk mengisi pensi MPLS masing-masing kelompok menampilkan satu penampilan dan dilihat langsung oleh para guru SMK Cinta Kasih Tzu Chi, setelah itu para guru mengenalkan diri masing-masing dihadapan para peserta MPLS. Lalu dilanjutkan dengan sesi MOS AWARD yaitu pemberian penghargaan kepada peserta MPLS yang mengikuti kegiatan MPLS dengan sangat amat baik dan setelah itu pemberian coklat yang dilakukan oleh para peserta MPLS untuk bentuk apresiasi terhadap anggota OSIS yang sudah membimbing mereka selama MPLS. Dilanjutkan dengan inagurasi 1 keluarga para peserta MPLS,anggota OSIS dan para guru SMK melakukan isyarat tangan dengan lagu “1 Keluarga“ sebagai perwujudan kebersamaan, dan setelah itu dilanjutkan dengan menyampaikan pesan Cinta Kasih ketua MPLS yaitu Gabriella Lioera dan dilanjutkan dengan pesan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK yaitu Ibu Betty sekaligus MPLS hari terakhir telah resmi selesai.

 

Selamat datang para peserta didik baru SMK Cinta Kasih Tzu Chi Tahun Ajaran 2017/2018!

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730