Pendidikan Cinta Kasih Universal Mendamaikan Dunia


Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi menyelenggarakan Kamp Pendewasaan pada hari Jumat dan Sabtu (19-20/5/2017) di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan untuk menyematkan tanda kelulusan bagi siswa/i kelas akhir yaitu, kelas TK B, 6 SD, 9 SMP dan 12 SMK/SMA. Kegiatan yang diikuti oleh 539 peserta, antara lain : unit TK 116 peserta, SD 127 peserta, SMP 127 peserta, SMK 83 peserta dan SMA 86 peserta ini mengangkat tema “Pendidikan Cinta Kasih Universal Mendamaikan Dunia”. Tujuan dari kegiatan Kamp Pendewasaan ini adalah untuk memberikan pembekalan bagi siswa/i akhir agar mereka menerapkan sesuatu yang baik dilingkungan mereka selanjutnya.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di Stadion Olahraga Tzu Chi PIK Center dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sekolah yang dibina oleh Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Bapak Freddy Ong. Penyematan tanda sebagai peserta pendewasaan tahun pelajaran 2016/2017 juga berlangsung sekaligus upacara pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama anggota kelompok.

Seminar sesi pertama dimulai pukul 9 pagi dengan materi Budi Pekerti dengan Lima Tahap Pembelajaran. Masing-masing unit menuju ruangan sesuai dengan ruang yang telah ditentukan. Materi pembelajaran yang diberikan oleh Daai Mama sesuai dengan porsi masing-masing jenjang, seperti peserta SD dan SMP yang mendapatkan materi mengenai Berbakti kepada Orang Tua, sedangkan peserta SMK dan SMA mendapatkan materi tentang Percaya Diri dan Pantang Menyerah.

Setelah seminar pertama yang berlangsung selama 60 menit para peserta dikerahkan menuju seminar kedua.Seminar kedua dimulai pukul 10 pagi dengan materi Cyber Crime. Cyber Crime adalah tindakan kriminal yang dilakukan menggunakan teknologikomputer sebagai alat kejahatan utama. Sekarang ini teknologi sudah berkembang sangat pesat, segala bentuk informasi dapat diolah dengan  mudahnya, bahkan mudah juga untuk melakukan kejahatan. Para peserta pendewasaan dibekali pembelajaran tentang etika menggunakan teknologi diera modern ini agar tidak terjerumus kedalam hal yang negatif.

Pada pukul 11 menjelang siang, para peserta pendewasaan menuju kantin untuk makan siang dan ibadah jum’at. Para peserta diinstruksikan untuk menuju ruangan sesuai agama masing-masing, terkecuali siswa laki-laki beragama Islam yang menjalankan ibadah di Masjid sekitar lokasi kamp pendewasaan.

Kegiatan  ketiga adalah post to post dimana setiap 2 kelompok akan memasuki ruangan yang diarahkan oleh panitia, yang terbagi 5 pos harus dikunjungi satu persatu. Pos pertama adalah “Berikrar” dimana para peserta diberikan pembelajaran agar mereka membuat suatu ikrar yang kelak akan dilakukan dimasa depan. Berikrar merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan semua manusia agar mereka memiliki tujuan dari apa yang mereka inginkan. Jika tidak memiliki ikrar, bagaimana seseorang mengetahui tindakan apa yang akan ia lakukan selama menjalani kehidupan?

Pos kedua adalah “Menggalang Dana Menggalang Hati”. Pada pos ini para peserta dibekali pembelajaran mengenai penggalangan dana yang bisa dilakukan bukan hanya dengan uang/ materi tetapi juga bisa dilakukan dengan hati/energi. Seperti kutipan kata perenungan Master, “Menggalang dana diutamakan dari menggalang hati tanpa memandang besarnya dana.” Diakhir materi, para peserta diharapkan dapat menggalang dana seikhlasnya ke celengan bambu yang telah disediakan oleh panitia.

Pos ketiga adalah “Pencitraan Diri” dimana para peserta dibekali pembelajaran tentang bagaimana mereka menemukangambaran dirinya sendiri menurut pandangan diri mereka sendiri. Dilanjutkan dengan pos keempat yaitu “Games”. Pada pos ini para peserta mengikuti games yang menyenangkan juga mendidik.

Pos terakhir yaitu “Keterampilan”. Pada pos ini para peserta membuat suatu karya yang memanfaatkan bahan daur ulang khususnya kertas . Para peserta diminta untuk membuat bingkai dari kertas yang berisi tekad mereka untuk masa depannya. Mereka sangat antusias dalam mengikuti sesi ini, karena pada sesi ini mereka dapat menyalurkan ide yang mereka miliki.

Kegiatan hari ini diakhiri seminar dengan tema yang di sesuaikan dengan jenjang pedidikan mereka. Seperti Entrepeneur untuk jenjang SMK , penjelasan tentang dunia kuliah untuk SMA, dan sex education untuk SD dan SMP. Dengan adanya seminar ini, diharapkan para peserta lebih memahami tentang makna kedewasaan diri pada setiap individu, sehingga mampu mengemban tanggung jawab pribadi.

Kegiatan pendewasaan hari jumat ini diakhiri dengan renungan malam, lalu dilanjutkan dengan makan malam bersama. Setelah itu mereka kembali ke kamar masing masing untuk beristirahat dan mempersiapkan semangat untuk hari esok .(Dila, Meilan dan Reza)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730