Sorak-Sorai Kemerdekaan

Hari kemerdekaan sudah berlalu, peringatan upacara yang wajib dilaksanakan pertanda merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia telah usai. Tapi, semangat perjuangan tidak akan padam. Oleh sebab itu, hari ini sekolah kami memeriahkan dengan melaksanakan berbagai perlombaan yang dapat diikuti seluruh siswa kelas 10 dan 12. Perlombaan yang akan dilaksanakan diselanggarakan oleh SMK Cinta Kasih Tzu Chi dengan penanggungjawab lomba Pak Imam Suhendra yang tahun ini diberikan kepercayaan oleh kepala sekolah Ibu Betty Theresia. Berbagai perlombaan yang ada di sekolah kami yaitu lomba membuat dan menghias tumpeng, mencari tutup botol di dalam tepung terigu, memecahkan balon air menggunakan topi kerucut yang terbuat dari karton, memakan kerupuk dan Fun Sport (balap karung, membawa kelereng, memindahkan karet menggunakan sedotan, memasukkan pulpen ke dalam botol), sedangkan yang memenangkan Fun Sport selanjutnya mengikuti final diantaranya sebagai berikut lompat gawang, estafet koran, merangkak, memindahkan kacang hijau menggunakan sumpit.

Suasana terlihat ramai beberapa orang terlihat menggunakan dasi pramuka sebagai pengikat kepala, ada pula yang memakai sticker merah-putih dipipinya. Sementara itu, di dalam ruang perlombaan nasi tumpeng terlihat wali kelas dan beberapa siswanya sudah sibuk menyiapkan berbagai bahan dan perlengkapan yang digunakan dalam membuat dan menghias tumpeng. Semua peserta sudah terlihat sibuk dan bersemangat, ada beberapa kelompok yang terlihat sedang membicarakan persiapan lomba dan strategi dalam menghias tumpeng dan terlihat jelas wali kelas sangat antusias dalam membimbing dan memberi arahan pada anak didiknya.

Menghias tumpeng bersama wali kelas juga dapat mempererat hubungan murid dengan wali kelas

Pukul 07.21 WIB semua murid yang mengikuti acara nasi tumpeng memasuki ruangan dan lomba tersebut dinilai oleh Ibu Maria, Ibu Novika, Ibu Tussi, Ibu Nesta dan Ibu Rini. Dalam perlombaan tersebut diikuti oleh 6 kelas dan didampingi oleh wali kelas masing-masing, acara tersebut dimulai dengan doa. Terlihat kelas 12 AP 1, ketika lomba dimulai, mereka menyorakkan “Yes”, semangat sekali ya ?

Di lain sisi, tim Osis sedang menyiapkan acara lomba makan kerupuk terlihat mereka menggantungkan tali rafia hitam dan memasang garis dengan tali rafia kuning di jalan. kira-kira akan seperti apa ya acaranya? mari kita simak. Pukul 07.29 WIB, semua murid terlihat sudah berjalan untuk berkumpul di lapangan. Seluruh siswa sudah berada di daerah perlombaan mereka masing. Terbagi oleh tiap-tiap kelompok osis terlihat mengarahkan semua siswa ke daerah masing dan menjelaskan peraturan dari masing-masing perlombaan.

Lomba makan kerupuk-adalah salah satu lomba yang menjadi ciri khas dari peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia

Lomba mencari tutup botol dalam tepung terlihat sangat lucu, 3 kelompok berbaris dan mengambil tutup botol dalam tepung, terlihatlah muka peserta terkena tepung kemana-mana. jalanan tempat berlangsungnya lombapun penuh akan tepung. Terdapat 15 tutup botol tiap sesi namun tidak semua kelompok yang dapat menyelesaikan lomba tersebut.
Lomba memecahkan balon terlihat begitu seru, semua siswa sangat heboh mengarahkan teman yang akan memecahkan balonnya, semua orang yang berhasilpun terkena air yang ada di dalam balonnya. semua peserta terlihat begitu bersemangat untuk berlompat dan memecahkan balon di atas mereka dengan topi kerucut dari koran dan dengan kondisi ditutup matanya.

Lomba makan kerupuk terlihat heboh karena dibawakan oleh Erbert, terdengar dari jauh dia meneriakkan kekompakkan kelompok dan yang menang sesi 1 adalah 12 AK. Babak ke 2 dimulai, terlihat kelompok lain berebutan, namun kelompok 12 AK bergantian memakan kerupuk nya, sehingga merekapun menangkan babak tersebut. Karen tak ingin rugi merekapun mancabut kerupuknya untuk dimakan, namun sayang sekali kerupuknya jatuh. Seru sekaligus kocak ya. Sangat disayangkan ada beberapa kelompok yang didiskualifikasi karena kerupuknya jatuh sebelum dimakan habis. Pada saat perlombaan makan kerupuk terlihat ada kesalahpahaman ketika lomba makan kerupuk berlangsung , untung saja dapat terselesaikan dengan baik ya.

Lomba memakan krupuk adalah salah satu lomba yang paling seru.

Perlombaan fun sportpun akhirnya dimulai sepertinya seru sekali teman. Kira-kira siapa yang akan menang ya? Osis terlihat sibuk menyiapkan perlombaan fun sport yang terdiri dari 2 sesi, sesi 1 balap karung, membawa kelereng, memindahkan karet menggunakan sedotan, memasukkan pulpen ke dalam botol. Sedangkan yang menang disesi 1 mengikuti perlombaan di sesi 2 yakni lompat gawang, estafet koran, merangkak, memindahkan kacang hijau menggunakan sumpit. Semua orang terlihat sangat bersemangat dan berambisi untuk memenangkan tiap lomba yang ada. Setelah selesai, seluruh siswa ke kelas untuk menikmati makanan dan minuman yang telah dibuat oleh siswa yang mengikuti lomba membuat dan menghias tumpeng. Tidak lama hal yang ditunggu-tunggupun tiba, pengumuman lombapun dilaksanakan.

Seluruh siswa berkumpul diselasar tengah duduk sesuai kelas masing-masing. Pengumumanpun dibacakan, seluruh siswa sangat khawatir dan deg-degan siapakah yang menjadi pemenangnya. Terutama perlombaan membuat dan menghias tumpeng adalah pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu. Untuk perlombaan membuat dan menghias tumpeng (juara 1 kelas 12 Ap 2 dengan wali kelas Miss Yuli Hastuti dan juara 2 kelas 12 Ak dengan wali kelas Septi Yufiani), mencari tutup botol di dalam tepung terigu (juara 1 kelas 12 Ap 1 dengan wali kelas Imam Suhendra dan juara 2 kelas 12 Ap 2 dengan wali kelas Miss Yuli Hastuti), memecahkan balon air menggunakan topi kerucut yang terbuat dari karton (juara 1 kelas 12 Ap 2 dengan wali kelas Miss Yuli Hastuti dan juara 2 kelas 10 Ap 1 dengan wali kelas Darningsih), memakan kerupuk (juara 1 kelas 10 Ak dengan wali kelas Galih Yoga dan juara 2 kelas 12 Ak dengan wali kelas Septi Yufiani), dan Fun Sport (juara 1 kelas 10 Ak dengan wali kelas Galih Yoga dan juara 2 kelas 10 Ap 1 dengan wali kelas Darningsih).

Pemenang Juara 1 lomba Menghias Nasi Tumpeng

Pengumuman lombapun selesai, setiap pemenang sudah mendapatkan hadiahnya masing-masing. Tampak jelas wajah siswa terlihat bahagia karena mendapatkan hadiah, perjuangan mereka dalam lomba membuahkan hasil bukan hadiah saja yang mereka dapat, tetapi mereka sangat bangga sudah membawa nama kelas dan mejadikan nama kelas harum semerbak, bukan siswa saja yang terlihat berseri, tetapi wali kelas yang mendampingi wajahnya terlihat berseri dan memancarkan senyuman terindah.

(Novika Rahayumi, Felicia, Jeje)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'
Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730