Cosporta 2019 Pun Dimulai!

Jurnalistik : Fransisca, Fotografer : Angeline & Michael

Selasa, 29 Oktober 2019 Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan Opening Cosporta sebagai pembukaan dari rangkaian kompetisi antar sekolah bertema olahraga, seni, dan akademik. Acara opening diselenggarakan di lapangan outdoor, dengan dimeriahkan oleh 72 sekolah, 142 panitia, dan 1.500 peserta.

Cosporta tahun ini terasa lebih spesial daripada acara Cosporta sebelumnya, karena Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi kali ini berkerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF). Bentuk kerja samanya dengan menyumbangkan dana yang diperoleh dari biaya pendaftaran Cosporta untuk melestarikan hewan-hewan yang dilindungi lewat WWF.

Pembukaan cosporta mulai dilaksanakan pada pukul 09.00 pagi. Setelah serangkaian acara seperti menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet oleh salah satu peserta, dan sambutan dari Bapak Rafiq, Cosporta secara resmi dibuka ditandai dengan pelepasan 2 burung dara. Penonton yang mengikuti upacara apel  pembuka pun bersorak dan bertepuk tangan dengan meriah. Selanjutnya, peserta Cosporta dipersilahkan untuk memakai nametag peserta.

 

Bersiap dari Jauh-jauh Hari

“Kagum aja si ngeliat kayaknya bisa nge-manage banyak orang gini,” komentar dari Bobby, salah satu peserta dari Sekolah Suari Terang. Setiap peserta rupanya telah mempersiapkan diri mewakili sekolahnya mengikuti acara Cosporta ini. Dan ternyata, ada beberapa peserta yang memang sudah pernah ikut acara ini dua tahun yang lalu.

“Kita kan mau ikut Cosporta ini, juga kita dari cabang olahraga basket, jauh-jauh hari kita udah latihan, kita juga udah atur strategi untuk kompetisi nanti,” ujar Devlin.

Setelah apel selesai, ada beberapa hiburan yang disiapkan untuk peserta Cosporta antara lain, dance modern yang dipentaskan oleh beberapa anak dari  SMA Cinta Kasih Tzu Chi, isyarat tangan, dan bernyanyi santai.

 

 

Lomba pertama yang diadakan pada hari pembukaan Cosporta antara lain, futsal putra yang dilaksanakan pukul 11.00 siang, lomba speech pada pukul 11.00 siang, dan basket putra pada pukul 01.00 siang.

 

Super Power Panitia

Panitia Cosporta yang terdiri dari OSIS unit SMA, SMK, dan SMP sudah berjuang keras mengorbankan tenaga dan waktu mereka. “Pertama itu dari kita semua panitia memberikan ide, setiap anak kan memiliki kekuatan maing-masing, makanya itu kita memberi nama Super Power karena setiap anak memiliki kekuatan yang berbeda-beda dengan itu kita melambangkannya dengan hewan-hewan yang langka,” ujar Evelyne Silvia selaku wakil ketua panitia Cosporta.

Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi juga bekerja sama dengan organisasi WWF, “Kita kan melambangkannya dengan hewan langka, karena hewan langka itu ada hubungannya dengan melestarikan hewan, nah kita tau kan organisasinya itu WWF, dan akhirnya kita bekerja sama dengan WWF Indonesia, kita datang ke kantornya dan mengajak bekerja sama untuk ikut mendukung kegiatannya,” ujar Evelyne mengenai tujuan Cosporta kali ini bekerja sama dengan WWF.

Acara Opening Cosporta berlangsung sangat  lancar dengan kerja sama dan solidaritas yang kuat dari para panitia. “Perasaan nya pasti seneng, excited walaupun rasanya agak gugup juga deg-degan karena takut ada salah, ya kita jalanin aja gak dibuat jadi beban”, komentar Evelyne.

Acara Cosporta ini diharapkan dapat menggali kemampuan diluar akademik dari setiap orang, peduli terhadap hewan langka dan juga dapat bersenang-senang atas partisipasi dalam acara Cosporta.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730