Humanistic Culture of Tzu Chi and Mandarin Day

Jurnalis  : Felicia (10 IPS 2), Fotografer  : Cindy Jonathan (11 IPS 2)

Cinta Kasih Tzu Chi merupakan sekolah yang mengedepankan Budaya Humanis untuk mendidik anak menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, lomba Budaya Humanis itu diselenggarakan dan berlangsung selama 2-3 bulan setiap kelas di sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Bersamaan dengan acara Mandarin Day. Siswa dari unit SMA&SMK berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diselenggarakan dalam acara Mandarin Day dan Budaya Humanis.

Para siswa membuat berbagai dekorasi untuk acara Mandarin Day 2019  nanti.

Lomba Mandarin Day yang diselenggarakan pada tahun 2019, yaitu lomba Shou Yu (Isyarat Tangan), drama kata perenungan, video kata perenungan, menggambar, salin sutra, dan pengambilan nilai yang paling berbudaya humanis antarkelas serta lomba mading yang hanya dipartisipasi oleh kelas 12.

Hasil mading yang dibuat oleh kelas 12 MIPA dalam  lomba mading kali ini.

Setiap lomba memiliki deadline masing-masing. Dalam lomba Shou Yu ada 2 babak tertentu, yaitu babak penyisihan pada hari Senin (11/02/2019) dan babak final pada hari acara tersebut diadakan. Pengambilan nilai lomba mading antarkelas pada hari Jumat (01/02/2019). Drama dan video Kata Perenungan diserahkan pada hari Jumat (08/02/2019). Lomba Salin Sutra diselenggarakan pada hari Jumat (15/02/2019) di ruang “Budaya Humanis”. Dan, lomba gambar diserahkan pada hari Senin (19/02/2019).

Jumat (22/02/2019) adalah hari dimana acara Mandarin Day diadakan  bersamaan dengan hari Budaya Humanis. Acara tersebut diawali dengan Silent Seating terlebih dahulu.

Acara Mandarin Day ini dibawakan oleh Yushia (11 MIPA) & Cecelia (10 AK) di Aula Gedung C lantai 2.

Setelah Silent Seating, ada penampilan dari ekskul Seni Budaya yang menyanyikan lagu Korea yang berjudul “Breathe“ yang disertakan dengan video yang ditayangkan. Dari penampilan tersebut, ada makna yang tersirat yaitu salah satu sifat remaja yang menenangkan teman yang sedang bersedih ataupun bermasalah sampai mereka merasa membaik.

Tak lupa juga, Pak Freddy Ong, Direktur Sekolah Tzu Chi, menyambut para siswa dan para relawan sebagai juri dalam acara Mandarin Day tersebut. Lalu, Yushia dan Cecelia memperkenalkan para relawan dan para siswa memberikan sapaan kepada para relawan tersebut.

Lomba Shou Yu pada babak final dari unit SMA ditampilkan, dan video Kata Perenungan dari unit SMK ditayangkan secara bergantian. Penampilan pertama adalah Shou Yu dari kelas 11 IPS 1. Setelah itu, video Kata Perenungan dari 10 RPL ditayangkan dan dilanjuti dengan penampilan Shou Yu dari kelas 10 IPA. Lalu, video Kata Perenungan dari kelas 10 AK yang dilanjuti dengan Shou Yu dari kelas 11 IPA.

Penampilan Shou Yu (Isyarat Tangan) dari kelas 11 IPA dengan formasi yang menarik.

Kekompakan para siswa kelas 10 MIPA dalam  penampilan Shou Yu (Isyarat Tangan).

Ada juga kuis Mandarin Day yang dibawakan oleh ketua OSIS dari unit SMA&SMK yaitu Elizabeth Gomarga dan Daffa. Soal kuis pertama adalah makna kapal dari “Wu Liang Yi Jing” yang dijawab oleh Evelyne Silvia dan Davin Bernando.

Davin Bernando dan Evelyne Silvia menjawab pertanyaan dari kuis Mandarin Day 2019.

Acara itu berlangsung dengan penampilan Shou Yu dari unit SMK dan penayangan video Kata Perenungan secara bergantian. Penampilan pertama adalah Shou Yu dari kelas 10 AK yang dilanjuti dengan video Kata Perenungan dari kelas 10 IPA. Setelah itu, penampilan Shou Yu dari kelas 11 AK yang juga dilanjuti dengan Video Kata Perenungan dari kelas 11 IPA. Dan, penampilan Shou Yu terakhir dari kelas 11 OTKP.

Penampilan dari ekskul Seni Budaya untuk kedua kalinya, yaitu Big Dreamers yang berjudul “大梦想家”(Da Meng Xiang Jia) dengan gerakan yang bergairah.

Kuis Mandarin Day dibawakan lagi dengan dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama adalah menyebutkan 3 bab dalam lagu “Wu Liang Yi Jing” dan dijawab oleh Lydia Suliyanto. Dan, pertanyaan kedua adalah  judul lagu Shou Yu Mandarin Day pada tahun 2019 ini.

Para siswa menyaksikan video ceramah dari Master Cheng Yen (Lentera Kehidupan) yang mencerminkan bahwa orang-orang Indonesia mau menerapkan dan memahami makna sutra dari Tzu Chi, meski Indonesia memiliki keberagaman agama. Karena makna sutra yang terkandung adalah untuk berbuat kebajikan kepada semua makhluk hidup. Dan, mereka juga menyaksikan video kilas balik dan pelaksanaan lomba Mandarin Day dari unit SMA dan SMK selama 2 bulan.

Lao Shi Mulyawan mengumumkan para pemenang setiap lomba baik dari unit SMA maupun SMK. Berikut ini para pemenang setiap lomba dari unit SMA&SMK:

  • Lomba Mading di kelas 12                 :

SMA               : 12 IPA

SMK               : 12 AP-2

  • Lomba Video Kata Perenungan          :

SMA               : 10 MIPA (Felix Tjahyadi)

SMK               : 10 AK (Cecelia)

  • Lomba Drama Kata Perenungan         :

SMA               : 10 MIPA

SMK               : 10 RPL

  • Lomba “Berbudaya Humanis”            :

SMA               : 12 MIPA

SMK               : 11 AK

  • Lomba Salin Sutra                              :

SMA               : 10 IPS-2 (Davin Bernando)

SMK               : 11 AK

  • Lomba Gambar                                   :

SMA               : 12 IPS-2 (Carlene)

SMK               : 10 AK (Regina)

  • Lomba Shou  Yu                                  :

SMA               : 10 MIPA                              

SMK               : 10 AK

Penyerahan hadiah  kepada pemenang dalam pelaksanaan lomba mading.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Shou Yu (Isyarat Tangan)

Sebelum acara Mandarin Day ditutup, para siswa mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang sudah hadir dan tak lupa juga berterimakasih kepada Yushia dan Cecelia yang sudah membawakan acara Mandarin Day ini dari awal sampai akhir.

Salah satu dari relawan juga mengatakan bahwa mereka terharu karena para siswa memahami makna sutra yang diterapkan dan memberikan yang terbaik dalam acara lomba Mandarin Day.

Acara ini pun ditutup dengan penampilan dari Philip Anggra yang menyanyikan sebuah lagu tentang alam dalam Bahasa Indonesia dan Mandarin.

Editor  : Felicia (10 IPS 2)

1 Comment

  • Sesillia Posted March 14, 2019 04:29

    Nice

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730