Kartini Masa Kini untuk Masa Depan

Minggu 24 April 2019, kita semua memperingati hari yang dikenal sebagai Hari Kartini. Untuk menghargai perjuangan Ibu Kartini dan untuk memperingatinya, SMK Cinta Kasih Tzu Chi sebagi SMK Favorit di Jakarta, membuat Acara yang bertema “Kartini Masa Kini”. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin (22/04). Para siswa-siswi diwajibkan memakai
baju batik dan juga kebaya. Untuk seluruh putra kelas 10 dan 11 wajib memakai atasan batik dan bawahan PDH, sedangkan untuk seluruh putri kelas 10 dan 11 wajib memakai baju kebaya dan rok panjang, tentunya dengan kondisi rambut yang disanggul. Semua putri terlihat sangat Anggun dengan setelan kebayanya, dan semua putra terlihat sangat gagah dengan setalan batiknya.

Suasana pembelajaran di kelas X AKL, SMK Terbaik di Jakarta

Suasana pembelajaran di kelas X AKL

Acara ini dimulai jam 13.30. Sebelum sampai pada kegiatan acaranya, para siswa-siswi melakukan KBM terlebih dahulu seperti biasa. Sekitar 10 menit sebelum acara, seluruh siswa SMK kelas 10 dan 11 baris di depan kelas dan berjalan menuju Aula Gedung C. Setelah seluruh siswa sampai di Gedung C, mereka dipimpin oleh anak OSIS untuk duduk rapi di kursi yang sudah disediakan. Kemudian, setelah semua siswa sudah berada di Gedung C, acara pun dimulai tepat jam 13.30. Acara dibawakan oleh 2 MC, yaitu Angel Maylia dan juga Crisella Tidora.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Pak Agus Salim, anak-anak sangat antusias mendengarkan kata sambutan dari Pak Agus karena pembawaan dari Pak Agus sendiri sangat menarik perhatian dan sangat ceria.
SMK Terbaik di Jakarta Barat

Pengarahan dan sambutan dari Bapak Agus Salim

Kemudian, acara dilanjutkan dengan menampilkan lomba Fashion Show. Seluruh kelas 10 dan 11 wajib mengirim 3 orang/kelas untuk maju dan menampilkan bakat Fashion Show yang mereka punya. Para peserta pun sangat percaya diri dalam menampilkan bakat Fashion Shownya, ada yang berjalan dengan anggun, ada yang berjalan dengan mengayunkan tangannya, ada yang berjalan dengan ala ala model, dan juga ada yang berjalan dengan gaya-gaya unik lainnya.
Penampilan fashion show siswa

Penampilan fashion show siswa

Kegiatan selanjutnya adalah menampilkan lomba presentasi tentang “Kartini Masa Kini” dalam bahasa Inggris. Lomba ini diikuti oleh 2 orang perwakilan dalam 1 kelas. Para siswi mempresentasikan tentang apa itu Kartini dan juga Siapa itu Kartini dengan penuh percaya diri dan dengan penuh semangat. Di pertengahan acara presentasi, para audiens dikejutkan dengan Pertunjukkan bernyanyi dari Ariesta yang diiringi alat music gitar oleh Angelie Widjaya. Lagu yang dinyanyikan ada lagu “Ibu Pertiwi” dan juga lagu “Indonesia Pusaka”. Lagu yang dibawakan mampu membuat audiens terharu dengan perjuangan para pahlawan pada zaman dahulu dan juga mampu membuat audiens ikut bernyanyi bersama. Setelah pertunjukkan singkat itu selesai, presentasi pun dilanjutkan kembali. Acara dilanjutkan oleh pertunjukkan dari para siswi OSIS. Siswi-siswi OSIS membawakan lagu Ibu Kita Kartini yang diikuti oleh para audiens
dengan sangat syahdu dan juga penuh penghayatan. Di tengah pertunjukkan, ada yang membaca puisi tentang Ibu Kartini dengan sangat lantang dan juga berani sehingga para audiens pun bisa merasakan bagaimana perjuangan seorang Ibu Kartini untuk mendapatkan emansipasi wanita pada saat itu. Setelah pertunjukkan selesai, acara pun ditutup oleh pengumuman pemenang dan juga pembagian hadiah untuk pemenang.

Pemenang pun diumumkan dengan penuh perasaan yang mendebarkan. Akhirnya pemenang-pemenang pun diumumkan. Pemenang untuk lomba Fashion Show ada 3 orang, yang meraih juara pertama adalah Angel Siemen dari kelas 11 AK, Juara kedua diarih oleh Kireina yang berasal dari kelas 11 AP1, terakhir Juara ketiga diraih oleh Sharlyn Aurellia yang
berasal dari kelas 10 AK. Selanjutnya, pemenang untuk lomba presentasi dengan bahasa inggris juga ada 3 orang, Juara pertama diaraih oleh Yola yang berasal dari kelas 10 AK, juara kedua diraih oleh Tania Gidani yang berasal dari kelas 11 AK, dan terakhir juara ketiga diraih oleh Angel Maylia yang berasal dari kelas 10 AP. Ternyata, di akhir acara Ada lomba tambahan untuk acara Kartini ini, yaitu memilih Miss Universe Kartini. Miss Universe kartini ini dimenangkan oleh 2 orang peserta yaitu Natasha dari kelas Ap1 dan juga Hanna Wijaya dari kelas 10 AK. Acara pun berjalan dengan lancar dan juga acara ditutup dengan pembagian hadiah yang selesai tepat pukul 15.30.
Pembagian Hadiah

Pembagian hadiah story telling bahasa inggris

Sharing dari salah seorang siswa yang mengikuti acara pada hari Senin (22/04) Menurut salah seorang peserta di acara ini yang bernama Ellisa Tio dari 10 AK, dia berpendapat bahwa, “Menurut saya, acara perayaan hari kartini di tzuchi tanggal 22 april 2019 kemarin sungguh menyenangkan, semoga SMK Cinta Kasih Tzu Chi menjadi SMK Favorit di Jakarta bahkan di Indonesia”. Acara yang dimulai sekitar pukul 13.30 itu berjalan dengan sangat baik.

Para MC pun sangat ceria dan bersemangat dalam membawakan acara. pembukaan dilakukan oleh pak agus salim selaku guru dan pembina osis yang meberikan sambutan awal dikarenakan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sedang tidak ada ditempat saat itu. lalu, acara fashionshownya juga berjalan dengan lancar dan sangat sangat menarik, perwakilan perempuan tiap kelas sebanyak 3 orang dengan penampilan yang sangat menarik, berjalan dipanggung dan memberikan penampilan terbaiknya. dilanjutkan dengan presentasi hari kartini dengan bahasa inggris. dengan presentasi tersebut, anak anak mendapat banyak pelajaran dan hal hal yang menarik, serta memperdalam pelajaran bahasa inggris mereka serta grammar dan pronouncenya. lalu, dipertengahan, diselangi oleh nyanyian serta gitar oleh pengisi acara, yang setelah itu dilanjutkan dengan presentasi lagi. barulah pemilihan kartini masa kini dengan penampilan terbaiknya serta pengumuman pemenang lomba. sangat senang, karena kita sebagai wanita dapat lebih menghargai bahwa perjuangan atas hak yang telah kita dapatkan itu tidak mudah. dan mengajarkan kita para wanita untuk sadar bahwa wanita juga harus berkembang, bukan hanya laki laki saja.
Siswa

Para peserta mengikuti acara peringatan hari kartini SMK Cinta Kasih Tzu Chi

Acara pun ditutup dengan baris rapi dan kembali ke kelas masing-masing.

Reporter : Stephanie 10 AKL (@stephaniehu19)
Photografer : Angelie Widjaya, Yusuf
(SMK Favorit di Jakarta)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730