Lomba Stacmath UNTAR

Pada hari Selasa dan Rabu, 17 sampai 18 April 2018 di Universitas Tarumanagara diadakan perlombaan StacMath 2018 yang diikuti berbagai sekolah di Jabodetabek. Perlombaan ini merupakan bagian dari event SLTI (Seminar dan Lomba Teknik Industri) 2018 yang diadakan oleh IMADUTA (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Tarumanagara). Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi merupakan salah satu peserta perlombaan ini dan mengirimkan 2 tim sebagai perwakilan sekolah. Tim 1 beranggotakan Ryan Siautama, Nickholas, dan Feghan Sidharta Fonnanta dan tim 2 beranggotakan Kevin Pratama, Nicholas Razali, dan Ridwan.

Acara pada hari pertama SLTI, 17 April 2018 dibuka dengan doa telebih dahulu untuk kelancaran acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Tarumanagara.Kemudian mulai masuk dalam rangkaian acara yaitu seminar tentang cara menggunakan kalkulator scientific oleh Michael dari pihak Casio. Dari seminar tersebut banyak hal yang dipelajari dari penggunaan kalkulator scientific yang jarang diketahui orang banyak, yaitu persamaan, vector, statistika, matrix,dan masih banyak lagi.

Sekitar pukul 09.00 WIB, diadakan lomba babak pertama. Lomba ini berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 45 butir dengan benar ditambah 4 poin, salah dikurangi 1 poin, dan tidak dikerjakan tidak dikurangi apapun. Babak ini diadakan selama 100 menit. Selama proses pengerjaan soal, para peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan rekan 1 tim, dengan kata lain dikerjakan secara individu. Namun, untuk lolos ke babak selanjutnya, ditentukan dari akumulasi masing-masing anggota satu tim. Tim yang lolos adalah tim dengan akumulasi nilai 10 tertinggi dari 18 tim. Setleah babak 1 selesai diadakan, seluruh peserta diperkenankan beristirahat. 10 tim yang lolos diumumkan setelah istirahat.

Setelah istirahat, diadakan seminar untuk memperkenalkan Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara kepada para peserta. Akhirnya saat-saat yang ditunggu seluruh peserta telah tiba, yaitu pengumuman 10 tim yang lolos ke babak selanjutnya. 2 tim perwakilan SMA Cinta Kasih Tzu Chi berhasil lolos ke babak selanjutnya dengan raihan 177 poin untuk tim 2 dan 159 poin untuk tim 1.

Setelah pengumuman pemenang lomba babak pertama, diadakan lomba babak kedua. Pada babak ini, para peserta duduk dengan anggota tim masing-masing dan format lomba dilakukan dengan acara TV yang pernah terkenal, yaitu ranking 1. Soal akan ditayangkan di proyektor dan tiap soal diberikan waktu 3 menit untuk proses perhitungan. Total 20 soal ditayangkan untuk dikerjakan dan setiap soal memiliki poin yang berbeda dengan jangkauan antara 20-40 poin. Pada babak ini akan diambil 3 tim dengan perolehan nilai tertinggi untuk melaju ke babak final. Salah satu perwakilan SMA Cinta Kasih Tzu Chi yaitu tim 1 berhasil lolos ke babak final bersama dengan perwakilan dari SMAK 3 Penabur dan SMA Vianney.

Pada hari yang sama diadakan juga babak ketiga untuk menentukan juara 1,2, dan 3. Babak ketiga adalah studi kasus dimana para peserta harus mengerjakan 5 soal essay dengan jangka waktu 60 menit. Dengan selesainya babak ketiga, maka berakhirlah rangkaian acara SLTI 2018 hari pertama.

Pada hari kedua, 18 April 2018 diadakan kegiatan berupa seminar dan pengumuman pemenang lomba StacMath. Seminar sesi pertama mengundang pembicara yang merupakan CEO dari Men’s Republic yaitu Yasa Singgih. Kemudian dilanjutkan talk show dengan narasumber alumni Teknik Industri Universitas Tarumanagara sebanyak 3 orang, yaitu Tebby Putra, Julius, dan Andres.  Setelah talk show, seluruh peserta seminar diperkenankan istirahat dari 12.00 WIB-13.00 WIB. Setelah istirahat, diadakan seminar dari perwakilan mobil123.com.

Setelah seminar dan talk show selesai, tibalah saat yang ditunggu oleh peserta yaitu pengumuman pemenang lomba StacMath. Juara 3 diraih oleh SMA Vianney, Juara 2 diraih oleh SMA Cinta Kasih Tzu Chi, dan Juara 1 diraih oleh SMAK 3 Penabur. Feghan dan Nickholas, sebagai perwakilan SMA Cinta Kasih Tzu Chi berharap agar pembinaan matematika dari waktu ke waktu semakin baik sehingga kedepannya dapat membawa pulang gelar juara lagi.

Semua ini tidak lepas dari angurah Tuhan Yang Maha Esa, bimibingan dari guru matematika kita, yaitu ibu Sopi Maryani, S.Pd, dan kesempatan yang telah diberikan oleh SMA Cinta Kasih Tzu Chi dan pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberi kesempatan kepada kami.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *