Mengenal Tzu Ching Melalui Tzu Shao

Minggu,28 Juli 2019, Tzu-Shao adalah kegiatan yang dilakukan oleh para muda/i yang di bimbing oleh Yayasan Tzu Chi. Dengan adanya Tzu-Shao harapannya menjadi sebuah pintu bagi remaja untuk melangkah ke dunia Tzu-Chi dengan memungkinkan mereka untuk memahami dan mempraktikkan prinsip-prinsip Tzu-Chi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menggunakan filosofi Tzu-Chi sebagai panduan, Tzu-Shao berharap untuk menanamkan kepercayaan umum dalam anggota mereka, termasuk: menjadi hormat kepada semua bentuk kehidupan, mensyukuri apa yang dimiliki, dan lain-lain.Kegiatan Tzu Shao dilakukan 1 bulan sekali di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dengan berbagai kegiatan menarik di dalamnya.

Pagi itu para siswa maupun siswi SMK Cinta Kasih Tzu Chi yang baru hadir langsung menuju ke selasar tengah untuk mengisi daftar hadir kegiatan Tzu-Shao.

Kegiatan Tzu-Shao ini merupakan kali pertama bagi siswa/i yang baru masuk ke Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.Dan tak asing lagi bagi siswa/i yang sudah lama menjadi murid di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.

Siswa kelas XI Sharing

Setelah pembagian kelompok ,para siswa/i menuju ke aula lantai 2.Seperti biasa sebelum memulai kegiatan, kita membuka acara dengan melakukan penghormatan kepada Master, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Tzu-Shao dan membaca 10 Ikrar Tzu-Shao dan dilanjutkan dengan memulai permainan yang di bimbing oleh Tzu Ching. Tzu Ching merupakan kelompok muda/i yang menjadi relawan.

Para Tzu Ching melakukan Ice Breaking lebih dahulu untuk menguji semangat pagi dari para Tzu Shao Men. Setelah itu dilanjutkan dengan materi perkenalan Tzu Ching dari awal berdiri ,sejarah ,visi dan misi,apa yang dilakukan,apa yang di peroleh ,dan sharing dari Tzu Ching.

Permainan pertama “Games Berburu Kata” dilanjutkan dengan permainan kedua “Games Gimmick”. Dengan diadakannya permainan-permainan tersebut kita dapat memberikan pembelajaran seperti : Dapat memahami pesan yang disampaikan oleh orang lain walaupun terkadang pesan tersebut hanya beberapa kata ataupun hanya berupa isyarat. Karena banyak orang yang suka memberikan informasi lalu berasumsi bahwa kita sudah paham permintaannya.

Setelah games usai ada Sharing dari para Tzu Shao Men.

Tzushaomen Bermain Game

Lalu mendengarkan ceramah dari Master Cheng Yen.Dilanjutkan dengan Sharing dari Tzu Shao Men setelah menonton ceramah Master Cheng Yen.

Harapan dari kegiatan Tzu Shao ini semoga semakin banyak jiwa muda memiliki kesadaran akan sekitarnya,alam sekalipun.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730