Pendidikan di Era Milenial

Pada hari kamis (2/05), kita semua memperingati Hari yang dikenal sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hari Pendidikan ini ditujukan untuk menghargai salah satu pahlawan kita yaitu Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau biasa kita panggil Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Bapak pendidikan di Indonesia. Maka dari itu untuk menghargai perjuangannya, SMK Cinta Kasih Tzu Chi selaku SMK Favorit di Jakarta, membuat acara yang memiliki Tema “Pendidikan sebagai gerakan penumbuhan generasi berkarakter pancasila di era globalisasi”.

Hardiknas di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi diperingati dengan melaksanakan Upacara Bendera di pagi hari dengan OSIS SMK dan SMA sebagai petugas Upacaranya serta Pak Freddy selaku Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi yang menjadi Pembina Upacara. Materi-Materi yang disampaikan Pak Freddy sangat menyentuh hati para generasi muda yang hanya bisa menikmati proses pendidikan sekarang tanpa tahu perjuangan para Pahlawan dulunya. Upacara pun ditutup dengan pengumuman pemenang lomba di luar sekolah.

Setelah Upacara selesai sekitar jam 07.20, Semua peserta didik kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan Simulasi Ujian Nasional. Sekitar pukul 08.10 kegiatan Simulasi selesai, dan seluruh peserta didik kelas 10 dan 11 dibariskan di depan kelas untuk menuju masiing-masing ruangan lomba. Lomba yang dilaksanakan ada 6 lomba, yaitu Lomba Cerdas Cermat, Cipta dan baca puisi, Debat bahasa, Photography dan Artikel, Poster, dan Story Telling. Semua lomba dimulai serentak pada pukul 08.30.

Lomba Cerdas Cermat dilaksanakan di Aula Lantai 2 Gedung B, Setiap kelas mengirim 2 tim yang masing-masing tim berisi 3 orang. Lomba ini menggunakan sistem undi, sistem undi ini digunakan agar masing-masing tim tidak melawan tim lain yang berasal dari kelas yang sama. Dalam perebutan Final, ada 4 sesi yang dilaksanakan dalam lomba ini. Setelah babak penyisihan selesai, dilanjutkan dengan babak final yang diraih oleh 4 tim. Ada 2 tim dari 11 AK yaitu tim A dan B dan juga 2 tim dari 11 AP1 yaitu tim A dan B. Juara 1 pun direbut oleh kelas 11 AK tim A, dan juara 2 direbut oleh 11 AP1 tim A. Pada saat dibacakan pemenang lomba cerdas cermat, ada sedikit kejutan yang diberikan juri, yaitu ada pemberitahuan peserta terbaik dalam proses cerdas cermat. Peserta terbaik ini diraih oleh Roger Julianto yang berasal dari kelas 10 RPL.

Lomba cerdas cermat, sebagai lomba favorit SMK

Selanjutnya, ada lomba Cipta dan baca Puisi yang dilaksanakan di kelas 12 AP2. Lomba Cipta dan baca puisi ini ditujukan untuk anak-anak yang memiliki bakat dalam membuat puisi dan juga membacakannya di depan banyak orang dan juga meningkatkan kreatifitas anak dalam menyampaikan imajinasinya dalam bentuk kata-kata yang memililki makna yang berarti. Untuk lomba ini, setiap kelas memberi 2 perwakilan untuk mengikuti lomba. Pemenang dari lomba Cipta dan baca puisi ada Olivia yang berasal dari kelas 10 AK dan berhasil merebut juara 1, dan juga ada Clara dari kelas 11 AP1 yang berhasil merebut juara 2.

Kemudian, ada juga lomba Debat bahasa yang dilaksanakan di Ruang Sekretaris. Debat bahasa ini mungkin adalah salah satu lomba yang lumayan menegangkan, karena para peserta harus sanggah menyanggah antara satu sama lain. Untuk Lomba ini, setiap kelas mengirimkan 2 orang yang merupakan 1 tim untuk mengikuti lomba. Pemenang dari lomba debat bahasa ini ada Crisella dan Bianca yang merupakan pasangan 1 tim yang berasal dari kelas 11 AP1 dan berhasil merebut juara 1, pasangan 1 tim selanjutnya yaitu ada Rini dan Hendrix yang berasal dari kelas 11 AK yang berhasil merebut juara 2. Di lomba debat bahasa ini juga ada hal yang sedikit mengejutkan, yaitu ada pengumuman peserta debat terbaik. Perserta debat terbaik diraih oleh Rendy yang berasal dari kelas 10 AP.

Peserta lomba debat sedang memberikan argumentasinya

 

Setelah kita membahas tentang lomba debat bahasa, ada juga lomba Photography dan Artikel yang dilaksanakan di kelas 12 AK. Untuk lomba ini, setiap kelas mengirimkan 2 orang untuk mengikuti lomba ini. Lomba ini betujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan anak-anak yang memiliki bakat dalam menjadi penulis berita ataupun blogger. Pemenang dalam lomba ini ada Agnez yang berasal dari kelas 11 AK yang berhasil merebut juara 1, dan juga ada Amellia yang berasal dari kelas 11 AP2 dan berhasil merebut juara 2, karena hasilnya yang sangat memuaskan.

Selanjutnya, ada lomba Poster yang dilaksanakan di kelas 11 AK. Untuk lomba ini setiap kelas diwakilkan oleh 2 orang untuk mengikuti lomba ini. Lomba ini ditujukan untuk anak-anak yang memiliki bakat dalam menggambar, mereka dapat menuangkan idenya dalam menggambar poster. Lomba Poster ini memiliki tema “Pendidikan di era milenial”. Pemenang lomba ini ada Sharon yang berasal dari kelas 11 AK yang berhasil merebut juara 1, dan juga ada Herlenah yang berasal dari kelas 10 AK yang berhasil merebut juara 2.

Peserta lomba poster sedang menggambar

 

Terakhir ada lomba Story Telling. Lomba ini dilaksanakan di kelas 12 AP1. Lomba ini untuk mengasah kemampuan pemahaman dan juga kemapuan dalam melafalkan cerita dalam bahasa Inggris. Pemenang dalam lomba ini ada Merry Putri yang berasal dari kelas 10 AK yang berhasil merebut juara 1, dan ada juga Anggellyna yang berasal dari kelas 10 AK yang berhasil merebut juara 2.

Semua pemenang diumumkan oleh Tiara Agis dan juga Raul selaku Ketua dan juga Wakil dalam Acara Hari Pendidikan ini. Setelah semua pemenang diumumkan,seluruh siswa boleh pulang ke rumah masing-masing, Acara pun berakhir sekitar pukul 13.45.

Sharing dari beberapa siswa yang mengikuti acara ini pada hari kamis (2/05). Menurut salah seorang peserta dari lomba photography yaitu Regina yang berasal dari kelas 10 AK, dia berpendapat bahwa, “Menurut saya, acara Hardiknas ini sangat seru dan menyenangkan. Acara ini dapat mengasah kreatifitas dan juga mengembangkan pola piker siswa, tidak hanya itu siswa dapat berfikir secara inspiratif dan lomba-lomba yang diselenggarakan mengajak kita untuk bersaing secara sehat.”

Selanjutnya, menurut salah seorang murid kelas 11, yaitu Amellia Hartamy yang berasal dari kelas 11 AP1, dia berpendapat bahwa, “Menurut saya, acara ini sangat mengesankan dan sangat seru. Semua peserta didik dapat mengasah dan juga meningkatkan bakat ataupun kemampuannya. Dan saya sendiri sangat terkesan dengan acara tahun ini, karena ini adalah acara Hardiknas terakhir yang akan saya ikuti. Intinya acara ini sangat seru dan tidak mengecewakan, Semoga SMK Cinta Kasih Tzu Chi Menjasi SMK Terbaik di Jakarta.”

Kontributor :
Reporter : Stephanie 10 AKL (@stephaniehu19)
Photografer : Angelie Widjaya
(SMK Favorit di Jakarta)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021-54397462
Fax: 021-54397573
Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20
Cengkareng, Jakarta Barat 11730