Peraturan Pertandingan Cosporta 2019

Sport

A. Basket
Ketentuan

  1. Setiap tim dapat mendaftarkan 12 orang pemain dan minimal 7 orang pemain dengan didampingi satu orang pelatih dan satu orang official.
  2. Peserta adalah siswa/i yang masih berstatus pelajar di sekolahnya masing-masing.
  3. Peserta wajib hadir 30 menit sebelum pertandingan dimulai.
  4. Tim harus mempunyai dua kostum, yaitu berwarna gelap dan terang.
  5. Pemain TIMNAS dilarang berpartisipasi dalam pertandingan basket COSPORTA 2019.
  6. Pihak tim yang menimbulkan keributan, perkelahian, dan tindakan anarkis lainnya, baik peserta maupun pemain akan didiskualifikasi.
  7. Dalam satu pertandingan, terdiri dari 4 (empat) quarter. Satu quarter berduarsi sepuluh menit.
  8. Pada pertandingan penyisihan dan semi final, permainan berlangsung selama 4×10 menit waktu kotor.
  9. Pada pertandingan final, permainan berlangsung selama 4×10 menit waktu bersih.
  10. Jeda istirahat antar babak selama 5 (lima) menit.
  11. Setiap tim berhak mengambil timeout sebanyak empat kali setiap babak dengan durasi satu kali timeout dalam waktu satu menit.
  12. Keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.
  13. Apabila berprotes, gunakanalah Bahasa yang sopan.

B. Futsal
Ketentuan

  1. Setiap tim dapat mendaftarkan 12 orang pemain dan minimal 7 orang pemain dengan didampingi satu orang pelatih dan satu orang official.
  2. Peserta adalah siswa/i yang masih berstatus pelajar di sekolahnya masing-masing.
  3. Peserta wajib hadir 30 menit sebelum pertandingan dimulai.
  4. Jika tim peserta lomba tidak hadir dalam 3 kali panggilan, maka tim tersebut akan dinyatakan WO.
  5. Satu sekolah maksimal mengirimkan 2 tim.
  6. Pemain TIMNAS dilarang berpartisipasi dalam COSPORTA 2019.
  7. Waktu pertandingan normal 2 x 10 menit waktu kotor.
  8. Waktu pertandingan final 2 x 15 menit waktu bersih.
  9. Setiap tim diwajibkan memakai jersey masing-masing sekolah, kaos kaki panjang, dan deker. Jika ada jersey yang sama, panitia akan menyediakan rompi.
  10. Pergantian pemain dapat dilakukan sewaktu-waktu selama pertandingan berlangsung.
  11. Para pemain yang menerima kartu kuning akan dikenakan biaya Rp25.000,00 per orang. Dan jika menerima kartu merah akan dikenakan biaya Rp75.000,00 per orang kepada panitia perlombaan futsal.
  12. Keputusan wasit tidak bisa diganggu gugat.

Art

A. Dance
Ketentuan

  1. Jenis tarian yang dilombakan adalah “Modern in Tradisional”.
  2. Dalam perlombaan ini peserta wajib mengkombinasikan unsur modern dengan tradisional dalam bentuk apapun (kostum, lagu, gerakan, atribut, dan sebagainya).
  3. Peserta terdiri dari 3-10 orang.
  4. Perwakilan lomba memakai nomor urut peserta.
  5. Durasi maksimal 10 menit.
  6. Tidak diperkenakan menggunakan properti yang dapat mengganggu peserta lain.
  7. Tidak diperkenankan adanya unsur dewasa dalam gerakan maupun kostum.
  8. Panitia tidak meminjamkan properti apapun kepada peserta.
  9. Jika diketahui adanya kecurangan dalam bentuk apapun, maka peserta yang bersangkutan akan didiskualifikasi.
  10. Peserta menyerahkan lagu saat opening lomba, panitia tidak bertanggung jawab apabila lagu yang telah diserahkan tidak dapat diputar atau formatnya tidak terbaca.

B. Iklan Layanan Masyarakat
Ketentuan

  1. Video bertemakan “Perlindungan Hewan”.
  2. Video berjenis iklan layanan masyarakat.
  3. Durasi minimal 1 menit 30 detik dan maksimal 3 menit.
  4. Tidak boleh ada unsur kekerasan dan pornografi.
  5. Harus berupa karya sendiri dan tidak pernah dipublikasikan di media manapun.
  6. Batas pengumpulan email 1 minggu sebelum lomba. Tidak ada toleransi telat, lebih awal diperbolehkan.
  7. Tidak terdapat unsur politik.
  8. Pemilihan kata yang di gunakan menarik, tepat, logis, sopan, dan objektif.
  9. Jelas dan mudah dipahami.
  10. Tidak menyinggung pihak lain.
  11. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan informasi yang diinginkan.
  12. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

C. Fotografi
Ketentuan

  1. Satu orang hanya boleh mengumpulkan 1 karya.
  2. Peserta harus membawa alat foto (kamera) sendiri.
  3. Foto yang diikutsertakan merupakan foto asli dan tidak ada manipulasi teknis.
  4. Harus berupa karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  5. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
  6. Peserta harus menghaslikan karya sesuai tema.
  7. Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto yang benar-benar dari pemotretan yang menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.
  8. Olah digital hanya diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto (mengasah, memotong, keseimbangan warna, dan saturasi warna).
  9. Tidak dapat mengembalikan foto menjadi kombinasi lebih dari satu foto atau menghapus atau mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
  10. Karya yang diikutsertakan menjadi hak milih peserta, namun panitia dapat membantu untuk keperluan publikasi dan lainnya.
  11. Dengan menyerahkan karya foto berarti peserta telah menyetujui semua persyaratan yang telah ditentukan panitia.
  12. File foto diberi nama Judul_NamaLengkap_AsalSekolah

Academic

A. Speech
Ketentuan

  1. Setiap sekolah maksimal dapat mengirimkan 2 peserta untuk mengikuti lomba speech.
  2. Tema speech bagian penyisihan akan diumumkan ketika Technical Meeting.
  3. Tema speech bagian semifinal dan final akan diumumkan ketika peserta sudah diberitahukan bahwa peserta lolos ke semifinal ataupun final.
  4. Setiap peserta wajib mengenakan seragam sekolahnya masing-masing dengan bersih dan rapi.
  5. Setiap peserta diperkenankan untuk membawa properti speech jika dibutuhkan, namun properti yang dibawa tidak boleh mengandung konten yang terlarang.
  6. Setiap peserta tidak diperbolehkan untuk membawa contekan, note, atau kertas apapun yang berkaitan dengan isi speech ke atas panggung.
  7. Setiap peserta akan diberikan waktu 7 menit untuk memberikan isi speech-nya.
  8. Jika nama peserta sudah disebut 3 kali ketika gilirannya, maka panitia berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.
  9. Isi speech harus sesuai dengan tema yang diberikan dan tidak boleh melenceng ke pembahasan konten yang terlarang.
  10. Lomba speech akan diadakan di aula lantai 2 gedung B Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.
  11. Lima peserta yang berhasil melaju ke final, dilarang meninggalkan wilayah Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi saat hari perlombaan supaya memudahkan pengumuman pemeneang dan penyerahan sertifikat.
  12. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

B. Bercerita Mandarin
Ketentuan

  1. Peserta diwajibkan mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
  2. Durasi waktu tampil adalah 8-10 menit, apabila melebihi batas waktu yang ditentukan poin akan dikurangi 10 poin untup penambahan waktu.
  3. Peserta dipersilahkan memilih satu dari tiga cerita yang telah ditentukan.
  4. Peserta diwajibkan memakai pakaian yang rapi dan sopan atau menggunakan seragam sekolah masing-masing atau memakai kostum yang mendukung cerita.
  5. Peserta diperkenankan menggunakan properti tambahan yang mendukung penampilan.
  6. Jika peserta atau perwakilan peserta tidak hadir pada saat technical meeting dan tidak memberi konfirmasi kepada panitia terlebih dahulu, maka peserta tersebut dinyatakan didiskualifikasi.
  7. Peserta tampil berdasarkan nomor urut yang telah diundi pada saat technical meeting.
  8. Peserta yang mendapat giliran untuk tampil akan dipanggil sebanyak 3 kali. Jika peserta tidak hadir setelah 3 kali pemanggilan, maka peserta tersebut akan otomatis disimpan di nomor urut akhir dan kembali dipanggil sebanyak 3 kali. Jika peserta tidak hadir juga tanpa memberitahu panitia, maka peserta dinyatakan didiskualifikasi.
  9. Penjurian dilakukan oleh 3 juri.
  10. Penilaian berdasarkan 4 kriteria yaitu Pronounciation, Intonation, Expression, dan Performance.
  11. Poin penilaian dimulai dari angka 50 dan angka maksimal 100.
  12. Sebagai nilai tambah setelah selesai membawakan cerita peserta akan diberikan tiga buah pertanyaan mengenai cerita yang telah disampaikan.
  13. Pilihan cerita untuk lomba bercerita mandarin:
    1. 犀牛叔叔的食品店 “Toko Makanan om Badak”;
    2. 勇敢的兔宝宝 “Anak Kelinci yang Pemberani”;
    3. 懂禮貌的小兔 “Kelinci Kecil yang Sopan”.

C. Ekonomi
Ketentuan

  1. Satu tim terdiri dari tiga peserta.
  2. Setiap sekolah dapat mengirim dua tim.
  3. Dilarang membawa kalkulator atau alat bantu lainnya.
  4. Wajib menggunakan nametag yang sudah diberikan panitia, jika tidak membawa nametag dikenakan denda sebesar Rp50.000,00.
  5. Setiap kelompok akan memilih paket soal yang telah disediakan panitia.
  6. Jika ketahuan membawa alat bantu, tim yang bersangkutan akan didiskualifikasi.
  7. Dilarang membawa makanan kedalam ruangan.
  8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  9. Wajib memakai seragam sekolahnya masing-masing.
  10. Sistem yang digunakan adalah system gugur.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I accept the Privacy Policy