Gemar Membaca Buku Siswa Sekolah Dasar Cinta Kasih Tzu Chi

Pendidikan merupakan salah satu faktor dasar dalam kehidupan kita. Pendidikan adalah pondasi bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) untuk membentuk karakter dan pola pikir mereka. Salah satunya adalah gemar membaca buku (literasi). Gemar membaca buku merupakan kesadaran peserta didik untuk menumbuhkan semangat, kegemaran, atau kesukaan dalam membaca buku. Ini menjadikan bacaan sebagai sarana dalam memperoleh berbagai informasi serta wawasan. Bapak/Ibu guru di Sekolah Dasar Cinta Kasih Tzu Chi bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan melalui materi yang ada di buku, tetapi juga mengajarkan betapa pentingnya membaca buku yang ada di perpustakaan sekolah.

Di Sekolah Dasar Cinta Kasih Tzu Chi, terdapat jadwal kunjungan perpustakaan seminggu sekali. Tujuannya adalah untuk menekankan pentingnya membaca buku sejak usia dini, yaitu sejak di bangku sekolah dasar. Peserta didik bebas memilih buku sesuai dengan keingintahuan mereka tentang apa yang ada dalam cerita pada buku. Sebelum membaca buku, peserta didik terlebih dahulu membuka sepatu dan meletakkannya dengan rapi di rak sepatu yang ada di luar perpustakaan, serta melapor kepada petugas perpustakaan. Kemudian, peserta didik dapat mengambil dan memilih buku yang mereka ingin baca.

Membaca buku dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Dengan membaca buku, otak dituntut untuk berpikir, menganalisis, mencari solusi, dan menemukan hal-hal baru supaya peserta didik benar-benar mengerti apa yang mereka ingin ketahui. Selain itu, membaca buku juga bisa melatih kerja otak, menambah wawasan pengetahuan, dan menemukan informasi yang ada pada buku. Kegiatan ini melatih konsentrasi dan fokus, melatih kemampuan menulis, memberikan ketenangan diri maupun relaksasi, serta mengembangkan kreativitas. Membaca juga dapat menjadi hiburan atau mengisi waktu senggang, baik di rumah maupun di sekolah.

Jadi, gemar membaca buku adalah memahami seluruh informasi yang ada dalam buku, baik itu berupa teks, gambar, maupun arti, untuk mengembangkan intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Sahat M.A, S.Pd.