Km “Jejak Tanganku, Cermin Diriku”

Dalam pembelajaran Bimbingan Konseling (BK) kelas 4 SD Cinta Kasih Tzu Chi, anak-anak diajak untuk mengenal lebih dalam siapa diri mereka melalui kegiatan yang kreatif dan menyenangkan berupa proyek ceplakan jari tangan.

Setiap siswa membuat ceplakan telapak tangan mereka sendiri di atas kertas, lalu menuliskan di dalamnya kelebihan, kekurangan, dan cita-cita mereka. Setelah itu, mereka menghias hasil karyanya dengan warna-warni cerah dan gambar yang mencerminkan kepribadian masing-masing.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik:

  1. Mengenal dan menerima diri sendiri dengan kelebihan dan kekurangan.
  2. Menumbuhkan rasa percaya diri dan sikap positif.
  3. Membangun motivasi dan arah hidup melalui pengenalan cita-cita pribadi.
  4. Menghargai perbedaan karakter dan potensi.
  5. Menumbuhkan kesadaran diri (self-awareness) sebagai dasar dalam pengembangan karakter dan sikap sosial di sekolah.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar seni, tetapi juga menjadi proses refleksi diri. Anak belajar untuk mengenali apa yang menjadi kelebihan yang perlu dikembangkan, kekurangan yang harus diperbaiki, dan cita-cita yang ingin mereka capai di masa depan. Guru BK membimbing mereka untuk memahami bahwa setiap anak memiliki potensi yang unik dan berharga.

Melalui pelajaran BK seperti ini, SD Cinta Kasih Tzu Chi terus menanamkan nilai-nilai humanis dan penuh kasih, sesuai dengan semangat sekolah untuk membentuk anak-anak yang cerdas, berkarakter, dan berempati terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Penulis: Silvia Angela Tukan

Add a Comment

Your email address will not be published.