Mengawali Tahun Pelajaran Baru dengan Suasana Gembira dan Penuh Keakraban
Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengenalkan warga, kurikulum, dan lingkungan.
Kegiatan ini dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan untuk memperkuat karakter dan profil lulusan. Setelah menjalani lima hari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang penuh informasi dan kegiatan pembekalan, siswa kelas 10 SMK Cinta Kasih Tzu Chi akhirnya memulai hari pertama mereka di kelas.
Untuk menciptakan suasana yang lebih santai, akrab, dan menyenangkan, para guru mempunyai cara masing-masing untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah terutama di dalam kelas. Salah satu caranya adalah para siswa diajak mengikuti games perkenalan berpasangan. Dalam permainan ini, setiap siswa diminta berpasangan dan saling menggambar wajah temannya di atas kertas, kemudian saling memperkenalkan diri di depan kelas. Tentu saja, hasilnya sangat beragam, yang terpenting adalah momen tawa, kehangatan, dan komunikasi yang terjadi selama proses menggambar.
Meskipun sebagian besar hasil gambar jauh dari kata sempurna bahkan membuat mereka tertawa, kegiatan ini justru menjadi momen pemecah es yang efektif. Para siswa yang sebelumnya belum saling mengenal dan saling diam pun mulai terlibat percakapan, saling bercanda, dan tertawa.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam membangun kelas yang sehat secara sosial, di mana siswa merasa nyaman, diterima, dan saling mendukung. Dengan memulai dari hal sederhana seperti menggambar teman, suasana kelas bisa menjadi lebih hidup dan penuh semangat.
Harapannya, keakraban yang mulai terbentuk sejak hari pertama ini bisa terus berkembang menjadi hubungan yang solid di antara siswa selama tiga tahun ke depan di SMK Cinta Kasih Tzu Chi.
Penulis: Maria Fescilita