Praktek Langsung Mengukur Taman Sekolah Agar Lebih Mudah Memahami Rumus Matematika

Dalam pelajaran Matematika, terdapat begitu banyak rumus yang harus dipelajari, terutama tentang materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Untuk itu, agar lebih mudah memahami rumus-rumus tersebut, guru kami mengakalinya dengan praktek menghitung luas salah satu taman sekolah dan melakukan pembulatan perhitungannya ke satuan terdekat.

Semula, anak-anak berpikir, mana mungkin bisa mengukur panjang dan lebar taman sekolah dengan menggunakan penggaris yang panjangnya 30 cm, sebab panjang taman biasanya 1 m lebih. Namun, setelah guru kami memberikan contoh perhitungannya di kelas, anak-anak pun jadi penasaran ingin membuktikan bahwa mereka juga bisa menghitung luas taman sekolah dengan menggunakan penggaris yang panjangnya 30 cm dan melakukan pembulatan ke satuan terdekat.

Anak-anak mulai menuju ke lantai satu untuk mengukur taman yang ada di sana. Kebetulan, di lantai satu terdapat beberapa taman di depan kelas I dan II, sehingga guru dapat dengan mudah menentukan taman untuk tiap kelompoknya. Anak-anak pun membagi tugas di antara mereka; ada yang mengukur panjang dan lebar taman, ada yang mencatat hasil ukuran, ada yang menghitung luasnya, dan ada pula yang menulis laporan hasil kerja kelompok mereka.

Dengan mengajak anak-anak sesekali belajar di luar kelas, semangat mereka dalam mengikuti pelajaran akan meningkat. Dengan timbulnya semangat belajar, diharapkan pemahaman materi lebih mudah diserap dan anak menjadi senang belajar, terutama mempelajari pelajaran yang tergolong bukanlah pelajaran yang mudah.

Penulis: Lisda Larasati