Praktik Keterampilan Hidup Sehari-hari: Memakai Seragam Sendiri Sebagai Bentuk Kemandirian dan Tata Krama
Sekolah Dasar Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng terkenal dengan pendidikan budaya humanisnya, yang merupakan salah satu pelajaran yang memberikan banyak manfaat dan pengalaman baru bagi anak-anak. Budaya humanis adalah pendidikan karakter yang dapat menunjukkan kepribadian diri dengan membangkitkan sifat dan nilai luhur sebagai manusia. Melalui pendidikan budaya humanis, peserta didik dapat melakukan banyak hal baik, contohnya dengan menerapkan pendidikan keterampilan hidup sehari-hari, pendidikan karakter, dan pendidikan lingkungan.
Pada Hari Selasa, 25 Februari 2025, peserta didik kelas satu SD di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng telah mempraktikkan salah satu pembelajaran pendidikan keterampilan hidup sehari-hari, yaitu dengan belajar cara memakai seragam sekolah sendiri di kelas budaya humanis. Peserta didik diminta untuk membawa seragam sekolahnya masing-masing dari rumah, kemudian mereka belajar memakai seragam sekolahnya sendiri. Praktek ini dilakukan dengan memakai seragam double, di mana peserta didik bergantian maju ke depan kelas untuk mempraktikkannya. Mereka mengancingkan baju seragamnya dengan hati-hati agar panjang bajunya seimbang dan tidak panjang sebelah, lalu mereka merapikan dasinya sehingga terlihat indah dalam berseragam. Mereka sangat antusias dan penuh semangat saat mempraktekannya. Awalnya, mereka mengalami kesulitan saat mencoba memakai seragamnya, tetapi dengan kesungguhan hati, mereka pun bisa dengan rapi memakai seragam sekolahnya sendiri. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. “Almeera, siswi kelas 1B, berkata, “Aku sangat senang bisa belajar memakai baju seragam sendiri karena bisa membantu meringankan pekerjaan Mama. Jadi, Mama bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.”
Tujuan dari kegiatan praktik keterampilan hidup sehari-hari ini adalah agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilan mandiri sejak dini, agar mereka tahu bagaimana cara memakai seragam yang tepat, menumbuhkan kebiasaan memakai seragam sekolah yang rapi dan bersih, serta menerapkan tata krama dengan memakai seragam yang benar dan sesuai. Hal ini sesuai dengan satu kata perenungan Master Cheng Yen: “Orang harus ada tata krama, penampilan baru terlihat indah.”
Penulis: Wahyu Safitri