Bangun Datar Dengan Tusuk Gigi dan Plastisin
Matematika adalah disiplin yang diajarkan kepada semua pelajar dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Ada banyak alasan mengapa pembelajaran matematika dianggap penting oleh Cornellius dalam (Abdurrahman, 1999:253), di antaranya: (1) alat untuk berpikir dengan jelas dan logis, (2) alat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari, (3) alat untuk memahami pola hubungan serta menggeneralisasi pengalaman, (4) alat untuk mendorong kreativitas, dan (5) alat untuk menumbuhkan kesadaran tentang perkembangan budaya.
Geometri adalah salah satu bagian materi dalam matematika yang harus dipelajari secara intensif, karena konsepnya digunakan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, geometri bukanlah hal yang benar-benar baru bagi kita. Sejak usia dini, anak-anak telah mengenal beragam bentuk geometri melalui objek-objek sederhana di sekitar mereka. Namun, kenyataannya di lapangan, banyak anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep bentuk geometri, terutama yang berkaitan dengan bangun datar. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan upaya dalam menanamkan pemahaman tentang bentuk geometri. Dengan menggunakan media pembelajaran dan metode yang sesuai, konsep geometri dapat disampaikan dengan lebih efektif kepada siswa. Siswa akan menjadi lebih mampu untuk menangkap pemahaman tentang bentuk geometri, terutama bangun datar.
Pada kegiatan pembelajaran matematika kelas 3B Gan En di SDS Cinta Kasih Tzu Chi yang dilaksanakan pada Rabu, 26 Februari 2025, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi. Kegiatan pembelajaran ini memerlukan alat dan bahan penunjang seperti: tusuk gigi, plastisin atau clay, gunting, dan alas. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa mengenai bentuk bangun datar secara konkret. Pembelajaran diawali dengan siswa diberikan worksheet yang berisi panduan cara kerja. Setelah itu, guru memberikan instruksi pengerjaan. Pada akhirnya, siswa diberikan waktu untuk mengeksplorasi dan membuat bangun datar menggunakan tusuk gigi dan plastisin atau clay sesuai dengan gambar yang ada di worksheet.
Setelah pembelajaran selesai, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil karya mereka dengan menyebutkan: alat dan bahan apa saja yang digunakan, bangun datar apa saja yang berhasil dibuat, bangun datar apa saja yang sulit dibuat, dan terakhir menanyakan bentuk bangun datar tanpa melihat worksheet.