Meningkatkan Minat Belajar Fisika Serta Menguatkan Interaksi Sosial

Murid yang kesulitan mengerjakan soal-soal Fisika merupakan suatu permasalahan bagi saya sebagai tenaga pendidik di bidang studi Fisika, di mana murid merasa kesulitan mengingat rumus dan konsep materi. Dengan jam pelajaran Fisika yang hanya 2 JP dalam seminggu, murid menjadi kurang berminat pada pembelajaran serta kurangnya interaksi sosial sesama kelas, kakak/adik kelas, yang membuat lingkungan kelas dan sekolah belum bisa bertumbuh dan berpusat pada murid.

Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan murid sebagai modal manusia untuk mengelola lingkungan kelas dan sekolah sebagai aset fisik dan sosial. Program ini akan diawali dengan curah pendapat bersama murid (perwakilan kelas 10 dan kelas 11) untuk mengetahui program peningkatan minat belajar Fisika selama ini yang dapat menguatkan hubungan sosial antar kakak dan adik kelas.

Pembelajaran yang saya dapat dari program pengembangan klinik Fisika adalah bahwa program ini meningkatkan minat belajar Fisika serta dapat menguatkan interaksi sosial antar kakak dan adik kelas. Salah satu dampak lain yang dapat diamati adalah murid mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana, sehingga dapat dijadikan pedoman dalam kehidupannya baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat.

Saya sangat senang ketika program klinik Fisika dapat dilaksanakan di sekolah. Program ini sangat membantu untuk meningkatkan minat dan motivasi pada pelajaran Fisika, serta mendukung penguatan interaksi sosial antar adik dan kakak kelas di sekolah. Semua kegiatan ini dilakukan oleh murid yang bertugas sesuai jadwal dan materi yang sudah mereka susun.

Pembelajaran yang saya peroleh dari kegiatan ini mengajarkan saya banyak hal, antara lain bagaimana seorang guru mampu menyusun dan mengelola program yang berdampak pada murid. Rencana program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah kemudian diterapkan dalam praktik dan menghasilkan perubahan nyata di sekolah dengan memanfaatkan segala aset yang dimiliki sekolah.

Aksi dan tindakan yang akan saya lakukan adalah mulai merencanakan dan melaksanakan program yang berdampak pada murid dengan menggali segala aset dan kekuatan yang dimiliki sekolah, sehingga menjadi sebuah program dan kegiatan yang berdampak pada murid. Program yang telah direncanakan dan sudah berjalan antara lain adalah Club Fisika dan Dream Team Fisika. Semua program ini dilaksanakan sepenuhnya oleh murid melalui wadah OSIS, dibimbing, dikoordinasikan, dan dievaluasi pelaksanaannya oleh murid, guru, dan kepala sekolah.

Penulis : Sartika

Add a Comment

Your email address will not be published.