Pelatihan Hipnoterapi untuk Guru BK dan Kesiswaan: Meningkatkan Kemampuan dalam Mendampingi Peserta Didik
Guru Bimbingan dan Konseling (BK) serta kesiswaan bekerja sama dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan akademik peserta didik. Guru BK dan kesiswaan menjadi tempat bagi peserta didik yang menghadapi masalah pribadi, sosial, belajar, karir, dan perilaku. Agar lebih efektif dalam menjalankan tugas, para guru BK dan kesiswaan perlu mengembangkan keterampilan yang lebih luas, salah satunya dengan mengikuti pelatihan hipnoterapi. Pelatihan hipnoterapi memungkinkan guru BK dan kesiswaan untuk lebih efektif membantu peserta didik menghadapi tantangan yang mereka hadapi.
Hipnoterapi adalah metode terapi yang menggunakan hipnosis untuk membantu klien mengatasi masalah psikologis atau emosional, seperti meningkatkan motivasi, mengendalikan stres, membangun percaya diri, dan mengatasi fobia. Pada bulan September, guru BK dan kesiswaan Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi mengikuti pelatihan hipnoterapi yang dilakukan dalam dua kali pertemuan bersama trainer Bapak Dwi Aris Nurohman. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep hipnoterapi, teknik dasar, serta penerapannya dalam kegiatan konseling di sekolah.
Pelatihan hipnoterapi untuk guru BK dan kesiswaan meliputi beberapa tahapan yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep hipnosis serta teknik-teknik hipnoterapi yang dapat diterapkan dalam konseling peserta didik.
Pengenalan Hipnoterapi dan Dasarnya
Pelatihan dimulai dengan pengenalan tentang hipnoterapi, termasuk teori dasar, cara kerja otak dalam kondisi hipnosis, uji suggestibility, dan struktur hipnosis.
Teknik-teknik Hipnoterapi
Guru BK dan kesiswaan diajarkan berbagai teknik hipnoterapi, seperti relaksasi progresif, simple deepening, tempat kenyamanan, aktivitas, regresi, dan pembayangan objek tertentu.
Praktik Langsung
Dalam pelatihan hipnoterapi, tidak hanya dijelaskan teori saja, tetapi juga ada sesi praktik, di mana peserta pelatihan melakukan simulasi hipnoterapi dalam situasi konseling, baik sebagai terapis maupun sebagai klien.
Pelatihan hipnoterapi untuk guru BK dan kesiswaan memberikan keterampilan tambahan yang sangat berguna dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi peserta didik. Dengan memanfaatkan teknik hipnoterapi, guru BK dan kesiswaan dapat membantu peserta didik dalam mengatasi berbagai masalah emosional, sosial, dan akademik. Selain itu, pelatihan ini juga meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, dan membangun hubungan yang lebih baik antara peserta didik dan guru BK atau kesiswaan.
Penulis: Pretty Klara Elizabeth